7 Makanan Ini Hampir Tak Pernah Kedaluwarsa! | Breaktime
7 Makanan Ini Hampir Tak Pernah Kedaluwarsa!
21.04.2016

Satu kata paling bohong di dunia ini adalah “selamanya”. “Selamanya” bukan berarti selamanya, kan? Bahkan masa kita di dunia ini pun terbatas, demikian juga dengan keberadaan alam semesta yang sementara saja. Nah, namun tahukah Anda bahwa di dunia ini ada beberapa makanan yang hampir tak memiliki masa kedaluwarsa dan bisa dinikmati ‘selamanya’? Ya, ini dia:

Beras putih

Beras adalah makanan yang paling tahan lama dan bahkan hampir tidak pernah expired. Namun, tidak semua beras tahan dalam waktu yang sama, B’timers. Beras merah dan beras putih memiliki ketahanan yang jauh berbeda. Jika beras merah tahan dalam 6 bulan, beras putih tahan hingga 30 tahun. Wow!

7 Makanan Ini Hampir Tak Pernah Kedaluwarsa! | Breaktime
Beras putih lebih tahan dari beras merah

Madu

Madu lebah ternyata juga merupakan makanan yang sangat awet. Madu tertua di dunia diduga berumur lebih dari 5.000 tahun. Benar, baik madu lebah maupun madu bunga sama-sama awet karena kandungan asam alami di dalamnya. Madu juga memiliki tingkat kelembaban yang sangat rendah sehingga membuat bakteri susah berkembang. Wow.

Garam

Garam memang salah satu anugerah dari Tuhan yang menguntungkan. Bahan makanan sekecil itu bisa digunakan untuk membumbui semua masakan. Nah, garam diklaim mampu bertahan selama 5 tahun.  Hanya 5 tahun? B’timers, 5 tahun adalah waktu yang cukup lama untuk masa tahan bahan makanan yang selalu dipakai setiap hari ini. Siapa sih, yang menggunakan garam yang sama dalam 5 tahun?

Gula

Daya tahan gula tergantung bagaimana Anda menyimpannya, B’timers. Jika Anda baik dalam menjaga kelembabannya, maka gula akan bertahan lama bahkan sangat lama. Sebaliknya jika Anda menyimpan gula di tempat yang terlalu lembab dan di tempat yang terlalu kering serta terpapar sinar matahari, maka ketahanannya juga akan berkurang.

Kacang-kacangan kering

Kacang-kacangan, terutama kacang kering, juga memiliki umur yang sangat panjang layaknya beras putih. Dalam sebuah penelitian mengungkapkan kacang-kacangan kering disimpan selama 3 dekade. Memang kualitasnya menurun, namun masih bisa dimakan. Kacang-kacangan kering yang dimaksud meliputi kacang hijau, kacang kedelai, kacang polong dan kacang kering lainnya.

7 Makanan Ini Hampir Tak Pernah Kedaluwarsa! | Breaktime
Kacang hijau tahan selama 30 tahun

Sirup maple murni

Sirup murni yang dibuat dari buah pohom maple ternyata juga memiliki masa tahan yang sangat lama. Bahkan, Utah State University berani merilis sebuah hasil penelitian bahwa sirup ini bukan hanya hampir tidak kedaluwarsa melainkan bisa dikonsumsi selamanya.

Wine

Kalau yang ini pasti sudah tidak asing lagi bagi B’timers. Minuman dari anggur ini memang dikenal tak memiliki masa kadaluwarsa. Justru, semakin lama wine disimpan, semakin enak pula rasanya, bukan? Ternyata bukan hanya wine, hampir semua minuman keras sangat tahan lama dalam waktu yang relatif panjang.

Mesipun demikian, Anda tidak seharusnya mengonsumsi makanan-makanan yang sudah berumur “tua” di atas, B’timers. Ingat, Fresh is better! (nap)

Share This Article