7 Makanan Enak yang Bikin Anda Cepat Terlelap
7 Makanan Enak yang Bikin Anda Cepat Terlelap
15.09.2015

Banyak hal dilakukan seseorang yang mengalami susah tidur, mulai dari penggunaan obat sampai dengan terapi khusus. Namun tahukah Anda, bahwa kesulitan untuk dapat memejamkan mata itu harus diketahui terlebih dahulu penyebab awalnya. Ada yang disebabkan karena stres, tekanan pikiran, cuaca panas sampai dengan hal-hal lainnya.

Dan kabar baiknya, susah tidur juga bisa diatasi dengan makanan. Ya, beberapa jenis makanan memiliki kandungan-kandungan yang dapat mengolah karbondioksida lebih cepat. Dikarenakan hal tersebut, maka energi tubuh semakin banyak terkuras dan membuat lelah serta mengantuk.

Yuk, cari tahu makanan apa saja yang akan membuat B’timers terlelap lebih cepat!

Kacang almond

Kacang almond  merupakan kudapan yang enak untuk dikonsumsi sembari beraktivitas ringan. Selain lezat dan enak, mengonsumsi kcang almond juga dapat membuat B’timers tidur cepat dan lelap karena di dalamnya terkandung magnesium yang dapat membuat otot-otot menjadi rileks.

Pisang

Salah satu buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi agar mendapatkan kualitas tidur yang baik adalah pisang, karena di dalamnya mengandung zat tepung yang kaya magnesium dan kalium. Fungsi dari keduanya adalah membuat otot mudah mengendur dan tenang.

Rumput laut

Dengan mengonsumsi rumput laut secara teratur setiap malam menjelang waktu tidur, maka membuat Anda dapat terlelap lebih cepat karena rumput laut mengandung DHA dan Omega-3 yang banyak dipakai oleh produsen makanan bayi agar membuat mereka cepat tertidur.

Cokelat

Selain memunculkan rasa rileks dengan mengonsumsi pisang atau kacang almond, B’timers juga bisa mengonsumsi cokelat. Menurut penelitian yang dilakukan oleh pakar gizi dari Institute of Transformational Nutrition, cokelat mengandung zat yang dapat merangsang produksi hormon serotonin meningkat dan dapat membantu tubuh lebih tenang dan rileks.

Walaupun dianjurkan, akan tetapi jangan berlebihan mengonsumsinya
Walaupun dianjurkan, akan tetapi jangan berlebihan mengonsumsinya

Salmon

Selain sangat menyehatkan, salmon bisa membuat Anda tertidur dengan lelap dan jarang terjaga di malam hari. Hal tersebut dikarenakan kandungan asam Omega-3 di dalamnya sangat berperan aktif dalam proses tidur seseorang.

Baca Juga : 4 ALASAN KENAPA ANDA BISA MENGIGAU SAAT TIDUR

Keju mozarella

Selain memang lezat karena aroma dan rasanya, mengonsumsi keju mozarella juga dapat membuat Anda tidur nyenyak, karena di dalamnya mengandung triptofan atau asam amino yang membantu tubuh memproduksi hormon serotonin.

Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu sumber karbohidrat selain roti atau nasi putih. Dengan mengonsumsi oatmeal, selain tidak perlu khawatir akan kelebihan kalori, B’timers juga dapat lebih cepat mengantuk karena kandungan karbohidrat di dalamnya dapat mendorong produksi senyawa melatonin dan serotonin yang keduanya merupakan unsur ‘pencipta’ ngantuk.

Tanpa harus menggunakan obat-obatan atau bahan kimia lainnya, B’timers dapat mengonsumsi jenis-jenis makanan di atas dan disertai dengan olahraga ringan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Share This Article