Benda yang Harus Segera Disingkirkan dari Dapur | Breaktime
7 Benda yang Harus Segera Disingkirkan dari Dapur
27.04.2016

Kadang tanpa Anda sadari, Anda telah “merawat” sesuatu yang justru berbahaya.Termasuk beberapa alat dapur yang terlihat sangat berguna, namun sebenarnya tidak sehat dan membahayakan. Nah, demi kesehatan tubuh dan kebersihan dapur Anda, Anda harus menyingkirkan benda-benda ini dari dapur, B’timers. Apa saja sih, yang harus disingkirkan?

1. Sponge (busa)

Busa pencuci piring adalah benda pertama yang harus disingkirkan dari dapur Anda. Perlu Anda ketahui, penelitian mengungkap fakta bahwa 2/3 bagian dari busa dipenuhi oleh perkembang biakan bakteri dan virus seperti E. coli, salmonella dan staphulococcus. Hiiii, yakin masih mau menggunakan sponge untuk cuci alat dapur?

Benda yang Harus Segera Disingkirkan dari Dapur | Breaktime
Mengandung virus jahat

2. Steamer

Steamer atau pengukus listrik adalah benda yang tidak sehat. Meski tidak mengubah rasa, namun uap panas yang dihasilkan dari aliran listrik tersebut cukup berbahaya. Jika Anda ingin mengukus sesuatu, cukup gunakan panci dengan air mendidih di bawahnya saja.

3. Pemanggang

Mengingat betapa besar tempat yang diperlukan hanya untuk satu tujuan, bukankah ini adalah hal yang boros, B’timers? Anda bisa kok, memanggang roti di oven. Well, lebih simple dan bisa memanggang beberapa roti tawar sekaligus. Hemat tempat dan hemat uang pula!

Benda yang Harus Segera Disingkirkan dari Dapur | Breaktime
Menghabiskan banyak ruang

4. Soda

Soda adalah minuman berkarbonasi pemicu obesitas ini mengandung banyak glukosa dan kalori. Ini sangat tidak bagus apalagi jika Anda sedang dalam program diet sehat penurunan berat badan. Jika bisa menikmati soda di luar rumah, kenapa masih harus menyimpan soda di rumah?

5. Makanan instan

Dapur adalah tempat untuk memasak. Memasak itu memerlukan proses. Jika Anda bisa memasak makanan sehat, kenapa harus menyimpan makanan instan di dapur. Harus selalu di ingat ya, makanan instan sama sekali tidak sehat karena mengandung gluten, bahan kimia, pengawet makanan dan kandungan tidak sehat lainnya.

6. Alat masak anti lengket

Daripada bahan anti lengket yang menggunakan pelapis khusus, lebih baik jika Anda menggunakan panci biasa yang bisa memberi zat besi tambahan. Panci anti lengket berpotensi mengandung bahan berbahaya yang bisa mengkontaminasi makanan. Jika memang harus menggunakan alat anti lengket, pilihlah yang menggunakan keramik sebagai pelapis.

Benda yang Harus Segera Disingkirkan dari Dapur | Breaktime
Gunakan yang berlapis keramik

7. Gelas kecil

Kenapa gelas kecil harus disingkirkan dari dapur? Tentu saja, gelas berukuran kecil bisa saja membuat Anda tidak berhati-hati saat menuang minuman. Terlebih, jika Anda sedang dalam kondisi kesadaran yang tidak baik seperti mabuk atau mengantuk. Bukankah akan lebih mengotori dapur Anda jika minuman dari gelas kecil itu tumpah? (nap)

Share This Article