6 Tips Menghilangkan Bau Amis pada Ikan | Breaktime
6 Tips Menghilangkan Bau Amis pada Ikan
05.08.2016

Bau amis pada ikan akan memberikan aroma yang buruk pada makanan B’timers. Selain menimbulkan aroma yang tidak sedap, rasa yang ditimbulkan juga akan merusak selera makan Anda. Oleh karena itu, sebelum memasak makanan dengan bahan dasar ikan, sebaiknya Anda menghilangkan bau amis yang akan merusak makanan terlebih dahulu.

Banyak cara yang dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Berikut ini bahan-bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan yang akan Anda masak.

Susu

Susu dapat menyerap bau amis dari ikan. Zat kimia yang terkandung dalam susu mampu mengurangi atau bahkan menghilangkan amis. Anda hanya perlu merendam ikan dalam susu, kemudian bilas hingga bersih.

Baca juga : TIPS CERDAS UNTUK HILANGKAN BAU AMIS PADA SEAFOOD

Campuran tepung maizena, garam, dan kunyit

Campur tepung maizena dengan garam dan bubuk kunyit. Kemudian oleskan pada seluruh bagian permukaan ikan. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Lalu, cuci ikan hingga bersih. Campuran ketiga bahan tersebut tidak akan mengubah rasa asli ikan, hanya akan menghilangkan bau amis pada ikan.

Cuka, baking powder dan lemon

6 Tips Menghilangkan Bau Amis pada Ikan | Breaktime
Bahan-bahan penghilang bau amis pada ikan

Campurkan cuka atau baking powder atau lemon dengan air segar. Kemudian rendam ikan selama lima menit. Lalu bilas ikan. Ketiga bahan tersebut akan menghilangkan bau amis pada ikan yang akan Anda masak.

Abu kayu

Bahan ini dapat digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan lele dan belut. Anda hanya tinggal menggosokkan abu kayu ke seluruh bagian ikan hingga lendir pada ikan tersebut bersih. Lendir pada ikan yang menyebabkan bau amis.

Jahe

Hancurkan jahe dan lumuri ikan dengan jahe yang telah dihancurkan kasar. Diamkan selama sekitar 30 menit. Jahe tidak hanya dapat menghilangkan bau amis pada ikan, tetapi juga dapat menambah rasa, menghilangkan racun, dan menghilangkan alergi pada ikan.

Gula

Lumuri ikan dengan gula dan diamkan selama sekitar 5 menit. Setelah itu cuci ikan hingga bersih. Ini adalah cara paling mudah untuk menghilangkan bau amis pada ikan.

Bagaimana B’timers? Sekarang Anda tidak perlu bingung untuk menghilangkan bau amis pada ikan yang akan Anda masak. Selamat mancoba! (vpd)

Share This Article