Sayur dan Buah yang Sebaiknya Dikonsumsi Mentah | Breaktime
6 Sayur dan Buah yang Sebaiknya Dikonsumsi Mentah
01.05.2016

Beberapa waktu lalu Breaktime pernah membahas tentang perlu tidaknya mengupas sayuran sebelum dimasak. Kali ini, Breaktime akan memberikan informasi untuk B‘timers tentang 6 sayuran dan buah atau makanan yang sebaiknya dimakan mentah karena lebih bergizi dan bermanfaat. Apa saja sayuran tersebut?

1 Kacang mete

Kacang panggang memang nikmat. Namun proses memasak kacang membuat beberapa nilai gizi makanan jadi turun. Berdasarkan USDA's National Nutrient Database for Standard Reference, memanggang kacang mete dapat menaikkan kalori dan lemak serta menurunkan kadar magnesium dan zat besi.

2 Bawang merah

Tahukah Anda mengapa mengupas bawang merah membuat Anda menangis? Itu karena suatu ada senyawa sulfur di dalamnya. Selain itu, di dalam bawang merah juga terdapat antioksidan untuk melawan kanker. Menurut sebuah studi di Cornell University, makan bawang merah mentah dapat membantu melindungi paru-paru dan kanker prostat. Namun tetap, jangan lupa sikat gigi setelah makan bawang mentah, ya!

Sayur dan Buah yang Sebaiknya Dikonsumsi Mentah | Breaktime
Kandungan sulfur dan antioksidan pencegah kanker

3 Paprika merah

Satu paprika berukuran sedang mengandung hanya sekitar 32 kalori namun kaya akan vitamin C yaitu sekitar 150 persen lebih banyak dari nilai harian yang direkomendasikan. Nah, menurut National Institutes of Health, memakannya mentah-mentah juga membantu menangkal aterosklerosis. Aterosklerosis adalah radang yang juga dapat menyebabkan penyakit jantung.

4 Rumput laut

Rumput laut segar terdiri dari sekitar 80 hingga 90 persen air, menurut penelitian dari Journal of Medicinal Food. Rumput laut juga dikenal sebagai salah satu sumber terbesar dari klorofil. Jenis ganggang yang bisa dimakan, terutama nori, sangat tinggi vitamin zat besi, kalsium dan yodium yang larut dalam air dan mineral. Karena itu jadi mudah diserap ke dalam aliran darah.

Sayur dan Buah yang Sebaiknya Dikonsumsi Mentah | Breaktime
Rumput laut kaya akan mineral

5 Buah-buahan

Tentu saja buah adalah makanan yang lebih baik dikonsumsi mentah. Sayuran hijau seperti brokoli, bayam dan sayuran hijau lainnya juga sangat bermanfaat. Jika Anda tidak sanggup makan sayur mentah, bikin jus saja dengan menambahkan beberapa buah segar agar lebih lezat.

6 Kelapa

Perlu diketahui, minum air kelapa jauh lebih baik daripada sport water, lho. Menurut penelitian dari South East Journal of Tropical Medicine and Public Health. Kelapa adalah salah satu makanan hydrating paling alami dan memiliki tingkat elektrolit tinggi. Anda tidak akan mendapat manfaat menghidrasi ketika mengkonsumsi kelapa kering. American Institute for Cancer Research juga mengatakan bahwa air kelapa kaya akan natrium, kalium dan magnesium.

Dengan mengetahui informasi di atas, semoga B’timers jadi lebih bijak dalam menentukan makanan mana yang perlu diolah dan mana yang tidak, demi kesehatan, ya. (nap)

Share This Article