6 Kiat Mudah Usir Bau Tak Sedap Pada Tupperware | Breaktime
6 Kiat Mudah Usir Bau Tak Sedap Pada Tupperware
21.10.2015

Membawa bekal sendiri memang lebih praktis, sehat dan ekonomis. B’timers tak hanya bisa menyiapkan masakan favorit, tetapi juga terhindar dari bahaya jajanan tak sehat dan yang jelas lebih irit. Nah, salah satu wadah yang paling populer digunakan untuk bekal adalah Tupperware yang merupakan wadah plastik.

Baca Juga : GURIH, MANIS, BERCAMPUR PEDAS DI SEPIRING UDANG BALADO

Aman, higienis dan praktis, Tupperware memang menjadi pilihan tepat untuk wadah bekal Anda. Sayangnya, terkadang pada bahan plastik bau makanan cukup sulit hilang. Meski sudah digosok dan dicuci dengan sabun, masih ada saja sedikit sisa bau apek yang bandel. Nah, bagaimana cara menghilangkan baunya? Breaktime beri tipsnya:

Segera cuci Tupperware

Langkah pertama untuk membersihkan Tupperware adalah dengan mencucinya segera setelah dipakai. Mencuci dengan menggunakan air panas dan sabun cuci piring adalah pilihan paling tepat, tetapi membilasnya sebelum dicuci bisa membuat Tupperware jadi lebih bersih.

Menaburkan sejumput garam

Aroma makanan memang lezat saat dihidangkan, namun saat tinggal sisanya saja justru akan meninggalkan bau tak sedap. Setelah mencuci Tupperware,  Anda bisa menaburkan sejumput garam di dalam wadahnya. Ini akan membantu mentralisir bau tak sedap sisa makanan pada Tupperware . Namun, jangan lupa memberishkannya sebelum menggunakan wadahnya.

Menjemur di bawah sinar matahari

Ya, sinar matahari memang memberikan sangat banyak manfaat. Anda bisa menaruh wadah Tupperware  Anda di bawah terik sinar matahari dan menjemurnya, biarkan sinar matahari bekerja menghilangkan bau pada Tupperware Anda.

6 Kiat Mudah Usir Bau Tak Sedap Pada Tupperware | Breaktime
Garam dapat membantu menghilangkan bau pada Tupperware

Mencuci dengan cuka

Setelah mencuci wadah Tupperware Anda dengan air panas dan sabun cuci piring, tuangkan cuka pada Tupperware dan biarkan selama kurang lebih tiga menit untuk menghilangkan bau tak sedap. Setelah itu tuangkan cuka dan cuci kembali dengan air dan sabun.

Menggunakan koran

Koran memang mampu menyerap bau apek dan tak sedap pada Tupperware. Anda bisa meremas-remas kertas koran dan menaruhnya di dalam wadah Tupperware, simpan selama semalam atau lebih lama. Jangan lupa mencucinya terlebih dahulu dengan sabun dan air sebelum memakainya, karena koran juga tak seratus persen bersih dan bebas kuman.

Baca Juga: ALAT TRADISIONAL YANG WAJIB ADA DI DAPUR

Menggunakan baking soda

Baking soda dikenal ampuh untuk membersihkan noda dan menghilangkan bau, termasuk pada Tupperware. Anda bisa mencampurkan baking soda dengan air hangat, lalu gosokkan pada wadah Tupperware. Biarkan kurang lebih satu hari, lalu bilas hingga bersih. Anda bisa mengulanginya lagi hingga bau benar-benar hilang.

Nah, itulah cara-cara sederhana namun ampuh untuk menghilangkan bau pada Tupperware. Dengan melakukan langkah-langkah di atas, B’timers tak perlu lagi dipusingkan oleh bau sisa makanan pada Tupperware . Coba sendiri di rumah, ya.

Share This Article