5 Super Food Pencegah Penuaan Dini | Breaktime
5 Super Food Pencegah Penuaan Dini
03.08.2015

Munculnya garis-garis halus dan keriput di usia 20 atau 30 tahunan, merupakan salah satu tanda penuaan dini. Wah, tentu B’timers tak mau kan, tampak lebih tua dari usia sebenarnya? Nah, untuk mencegah hal tersebut, Anda wajib membiasakan diri mengonsumsi aneka super food.

Super food adalah makanan yang kandungan nutrisinya lengkap, seperti vitamin, mineral dan antioksidan. Antioksidan inilah yang nantinya berperan mencegah penuaan dini dan segala macam penyakit seperti kanker, serangan jantung, bahkan Alzheimer. Di samping itu, kandungan vitamin dan mineral di dalamnya akan membuat tubuh tetap bugar. Benar-benar super, kan?

Berikut ini beberapa contoh super food yang bisa B’timers coba:

Anggur

Anggur, terutama yang memiliki warna gelap, mengandung banyak anthocyanin dan proanthocyanidin yang baik untuk sistem imun. Anggur juga mengandung vitamin C, selenium, serta antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini.

Blueberries

5 Super Food Pencegah Penuaan Dini | Breaktime
Buah beri dengan antioksidan tertinggi

Sebenarnya, semua jenis buah beri memiliki fungsi yang sama. Namun, blueberry yang berwarna gelap lebih banyak mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan. Selain itu, blueberry juga dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan dan menurunkan inflamasi.

Sayuran hijau

Sayuran hijau banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan kuman penyakit, seperti Vitamin A, C, E, calcium, magnesium dan potasium. Tak hanya itu, sayuran hijau juga dilengkapi kaemprofol, salah satu jenis antioksidan yang dapat membuat Anda awet muda.

Walnut

5 Super Food Pencegah Penuaan Dini | Breaktime
Super food yang cocok untuk camilan

Salah satu jenis kacang ini bisa menjadi makanan pencegah penuaan dini yang cukup ampuh. Selain kandungan antioksidan yang tinggi, walnut juga free kolesterol, rendah gula, dan rendah sodium.

Teh

Minuman yang nikmat diseduh kapan saja ini juga megandung antioksidan yang berfungsi untuk mencegah kerusakan sel dan inflamasi. Teh hijau adalah salah satu jenis teh dengan kandungan antioksidan terbaik.

Untuk mencegah penuaan dini, B’timers juga harus menghindari rokok. Karena menurut Dr. Nick Lowe, seorang ahli kulit, merokok akan menciptakan enzim matriks metalloproteinase (MMPs) yang dapat merusak kolagen di kulit.

Share This Article