5 Rempah-Rempah yang Buat Masakan Jadi Istimewa | Breaktime
5 Rempah-Rempah yang Buat Masakan Jadi Istimewa
29.02.2016

350 tahun lamanya Indonesia dijajah oleh Belanda yang awalnya berniat untuk menjalin bisnis dengan orang Indonesia. Secara mengejutkan mereka yang awalnya berniat untuk berdagang berubah ingin menguasai pasar-pasar di Indonesia. Tahukah Anda penyebab Belanda melakukan itu semua? Ya, salah satunya adalah rempah-rempah.

Negeri Indonesia merupakan tanah yang subur. Bahkan, hampir semua rempah-rempah di dunia banyak tumbuh di sini. Seperti yang sudah Anda ketahui, rempah-rempah adalah tanaman yang mampu memberikan beragam rasa untuk sebuah makanan. Banyak rasa yang tidak terduga tercipta saat rempah dimasukkan ke dalam masakan.

Seperti yang akan Breaktime bahas kali ini. Beberapa contoh rempah-rempah yang buat masakan jadi istimewa berikut bisa Anda lihat di bawah ini :

1. Andaliman

5 Rempah-Rempah yang Buat Masakan Jadi Istimewa | Breaktime
Rasa masakan yang diberi Andaliman akan memiliki aroma yang kuat

Rempah-rempah ini berupa biji yang dibungkus kulit bewarna hijau cerah di beberapa ranting kecil di pohon andaliman. Biji inilah yang digunakan sebagai bahan campuran makanan. Rasa dari rempah ini apabila digunakan pada makanan adalah pedas segar dan mengigit seperti cabai hanya saja lebih harum dan kuat aromanya.

Biasanya andaliman digunakan untuk bumbu campuran gulai, saus untuk seafood yang dibakar, dan bahan campuran sambal.

2. Angkak

5 Rempah-Rempah yang Buat Masakan Jadi Istimewa | Breaktime
Fermentasi dari beras ini akan membuat masakan menjadi lebih lezat

Angkak adalah hasil fermentasi dari beras ketan yang sudah dikeringkan hingga warnanya menjadi merah tua, agak kusam dan tentunya mengering. Rempah yang satu ini ini memiliki fungsi sebagai penambah aroma segar dan warna merah alami pada daging ayam dan sapi yang sedang dipanggang. Itulah alasan yang membuat Angkak menjadi salah satu dari rempah-rempah yang buat masakan jadi istimewa.

3. Kapulaga

5 Rempah-Rempah yang Buat Masakan Jadi Istimewa | Breaktime
Meskipun dari keluarga jahe, rasa dari kapulaga berbeda dari rempah tersebut

Kapulaga adalah sebuah tanaman dari keluarga jahe yang pertama kali digunakan di Mesir, Yunani, dan Romawi. Seperti Angkak, fungsi utama dari kapulaga adalah sebagai penambah aroma sedap pada masakan. Dan bahkan kapulaga sering digunakan untuk menambah wangi pada kue dan minuman.

Kapulaga terdiri dari dua jenis, satu berwarna putih yang digunakan untuk makanan dan satunya lagi berwarna hijau untuk kue dan minuman. Sebenarnya ada satu lagi jenis kapulaga, namun tidak dimasukkan sebagai rempah masakan karena aromanya mirip dengan kamper.

4. Kemukus

5 Rempah-Rempah yang Buat Masakan Jadi Istimewa | Breaktime
Kemukus bentuknya mirip dengan merica

Rempah ini mirip dengan merica hitam hanya saja ada tambahan pada bagian belakang berupa ekor kecil. Kemukus memiliki cukup banyak manfaat antara lain sebagai campuran jamu tradisional dan bumbu masakan. Kemukus ini biasanya dijadikan sebagai campuran khusus untuk olahan daging sapi dan ikan. Rasa dari kemukus apabila disatukan dengan masakan akan memberikan nuansa pedas seperti merica. Selain rasa pedas, kemukus juga mengurangi bau anyir dari daging atau seafood dalam makanan.

5. Bunga Pala

5 Rempah-Rempah yang Buat Masakan Jadi Istimewa | Breaktime
Rempah yang satu ini cocok untuk Anda campurkan di olahan daging

Bunga pala adalah tanaman buah asli dari Indonesia, tepatnya rempah ini berasal dari Banda dan Maluku. Semua bagian dari tanaman pala bisa dimanfaatkan oleh manusia. Kulit, biji, bunga, hingga daging buah pala juga. Bunga pala memberikan aroma harum dan rasa gurih pada gulai, kari , dan masakan apapun yang berbahan dasar daging.

Nah, itulah kelima rempah yang akan membuat masakan menjadi lebih istimewa. Apakah B'timers tertarik untuk mencoba salah satu rempah-rempah yang buat masakan jadi istimewa tersebut? (wsu)

Share This Article