5 Rempah Khas Masakan Indonesia | Breaktime
5 Rempah Khas yang Tak Pernah Absen dalam Masakan Indonesia
18.12.2015

Salah satu rahasia dapur yang membuat masakan Indonesia sangat nikmat hingga disukai banyak orang hampir di seluruh dunia adalah bumbu-bumbunya yang kuat. Bumbu kuat tersebut tentu saja tak lepas dari rempah-rempah yang selalu digunakan di setiap masakannya.

Rempah-rempah memang memiliki segudang manfaat. Tak hanya memberi cita rasa yang kuat pada suatu makanan, rempah-rempah juga berguna sebagai penghangat tubuh. Untuk kesehatan, rempah-rempah bisa digunakan sebagai detox alami untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

Nah, berikut ini Brekatime bagikan informasi seputar rempah khas Indonesia yang tak pernah ketinggalan digunakan sebagai bumbu pelengkap di setiap masakan. Yuk, intip apa saja rempah-rempah tersebut!

     1. Jahe

5 Rempah Khas Masakan Indonesia | Breaktime
Jahe adalah rempah yang bisa menghangatkan tubuh

Jahe adalah salah satu rempah yang memiliki rasa dan aroma yang tajam. Jahe juga memberikan efek menghangatkan begitu ia masuk ke mulut hingga perut.

Rasanya yang khas membuatnya tak pernah ketinggalan melengkapi cita rasa masakan Indonesia. Dengan mencampurkan sedikit saja jahe ke masakan Anda, dijamin rasanya akan semakin mantap dan lezat.

     2. Kunyit

5 Rempah Khas Masakan Indonesia | Breaktime
Kunyit sebagai pewarna dan penguat rasa dalam masakan

Kunyit adalah rempah khas yang bisa menghasilkan warna kuning dan sedikit terasa pahit. Meskipun demikian, kandungan manfaatnya membuat kunyit selalu disertakan pada masakan Indonesia seperti lodeh, bumbu kuning, balado dan lain-lain.

Ya, salah satu rahasia mengapa masakan Indonesia sangat disukai bahkan oleh orang-orang mancanegara adalah adanya kunyit ini. Selain untuk masakan, kunyit juga baik untuk kesehatan dan kecantikan lho, B’timers.

     3. Lengkuas

5 Rempah Khas Masakan Indonesia | Breaktime
Lengkuas berguna sebagai penyebab dan penguat aroma masakan

Lengkuas atau yang biasa disebut laos ini  sering ditambahkan sebagai bumbu masakan sebagai penyedap. Memang cita rasa lengkuas tidak terlalu terasa, namun aroma yang dikeluarkan sungguh menggugah selera.

Lengkuas sering digunakan untuk memasak tumisan maupun sup. Olahan lainnya juga tentu tak kalah sedap jika ditambahkan sedikit luas yang dimemarkan.

     4. Kencur

5 Rempah Khas Masakan Indonesia | Breaktime
Kencur juga bisa digunakan sebagai minuman

Tak jauh berbeda dengan rempah rempah sebelumnya, kencur juga hampir tak pernah ketinggalan digunakan sebagai bumbu dalam masakan Indonesia. Aroma kencur yang khas juga akan menambah sedapnya masakan. Tak hanya sebagai bumbu masakan, kencur juga bisa digunakan dalam minuman beras kencur.

     5. Pala

5 Rempah Khas Masakan Indonesia | Breaktime
Pala digunakan sedikit saja karena aromanya yang kuat

Pala merupakan rempah-rempah yang aromanya paling kuat. Oleh karena itu, pala biasanya digunakan dengan takaran atau komposisi sangat kecil. Hal itu dilakukan agar aromanya tidak terlalu menyengat. Masakan yang biasa menggunakan pala sebagai bumbu adalah semur, rawon , lodeh dan lain-lain.

Nah, ternyata ini yang membuat masakan Indonesia kaya akan rasa. (nap)

Share This Article