Minuman Beralkohol Paling Terkenal dan Populer di Dunia | Breaktime
5 Minuman Beralkohol Paling Terkenal di Dunia, Mana Favorit Anda?
13.08.2015

B’timers, di dunia ini memang ada begitu banyak jenis minuman beralkohol. Dilihat dari sejarahnya, minuman ini pertama kali ditemukan 6000 tahun sebelum Masehi. Penemuan minuman beralkohol berawal dari ketidaksengajaan seorang petani anggur di daerah Mesopotamia yang menimbun anggur dalam sebuah tong. Setelah beberapa hari terpendam, anggur mengalami fermentasi dan akhirnya minuman anggur beralkohol pertama tercipta.

Nah, berikut ini Breaktime berikan informasi mengenai 5 minuman beralkohol paling terkenal di dunia yang bisa jadi salah satunya adalah favorit Anda:

Wine

Minuman Beralkohol Paling Terkenal dan Populer di Dunia
Wine memiliki tingkat kemanisan yang cukup tinggi

Wine merupakan minuman beralkohol yang terbuat dari sari buah anggur. Jenis anggur yang biasa digunakan untuk minuman ini adalah Vitis vinifera. Wine termasuk minuman beralkohol ringan karena hanya memiliki kadar 8% sampai 15% alkohol. Anggur atau wine ini minuman yang populer dibanyak negara. Ada beberapa jenis minuman anggur seperti red wine, white wine, sparkling wine, rose wine, sweet wine, dan fortified wine.

Brandy

Minuman Beralkohol Paling Terkenal dan Populer di Dunia
Brandy memiliki kadar alkohol yang cukup tinggi

Minuman yang berasal dari daratan Eropa ini memiliki kadar alkohol cukup tinggi yaitu 40% hingga 60%. Minuman hasil distilasi ini umumnya terbuat dari pomace (ampas buah anggur sisa pembuatan wine) dan campuran fermentasi buah lainnya seperti plum, aprikot, apel, dan pir. Biasanya pada budaya barat brendi disajikan sesudah makan. Brendi yang terbuat dari anggur diberi pewarna karamel untuk meniru warna brendi yang sudah lama disimpan dalam tong kayu.

Wiski

Minuman Beralkohol Paling Terkenal dan Populer di Dunia
sering digunakan sebagai minuman pembuka

Wiski merupakan minuman beralkohol yang terbuat dari serealia atau biji-bijian hasil panen. Proses pembuatannya pun hampir sama dengan brandy yaitu dengan metode distilasi dan disimpan dalam tong yang terbuat dari kayu ek. Wiski ini berasal dari Irlandia pada tahun 1405, wiski dibuat oleh para biarawan.

Vodka

Minuman Beralkohol Paling Terkenal dan Populer di Dunia
Semakin jernih warnanya, menandakan tingkat kesempurnaan vodka semakin baik

Vodka tidak menggunakan anggur sebagai bahan dasarnya, namun gandum terbaiklah yang dipakai. Berbeda dengan minuman beralkohol lainnya, vodka tidak berwarna karena sudah melalui banyak proses penyulingan. Vodka pada umumnya memiliki kadar alkohol 35% sampai 60%. Vodka merupakan bahan dasar dari beberapa minuman populer, seperti bloody mary, bullshot mary, dan vodka martini.

Sake

Minuman Beralkohol Paling Terkenal dan Populer di Dunia
Minuman beralkohol tingkat rendah yang bisa menimbulkan rasa kenyang

Minuman beralkohol yang berasal dari Jepang ini tergolong unik karena terbuat dari beras. Dengan metode fermentasi, beras yang sudah dipilih akan disimpan dalam gentong-gentong besar dan baru bisa digunakan beberapa bulan kemudian. Aroma sake hampir sama dengan tape beras di Indonesia.

Berdasarkan Dietary Guidelines for Americans, mengonsumsi minuman beralkohol satu hingga dua gelas per hari bisa menekan risiko penyakit kardiovaskular, mengurangi risiko diabetes, dan meningkatkan libido. Jadi, bijaklah dalam mengonsuminya ya, B’timers!

Share This Article