Menu Sajian Spesial Lebaran Wajib Untuk Makan | Breaktime
5 Menu Spesial Lebaran Ini “Haram” Dilewatkan!
17.07.2015

Di hari Lebaran yang istimewa, tentu ada banyak aktivitas menarik untuk dilakukan. Setelah selesai bermaaf-maafan dengan keluarga dan teman, suasana akan bertambah sempurna bila Anda menyantap sejumlah menu makanan spesial. Berikut daftar makanan yang “haram” dilewatkan saat Lebaran karena lezatnya yang tak tertandingi:

Ketupat

Ketupat punel untuk lebaran
Ketupat punel untuk lebaran

Sebagian orang memilih untuk menyimpan menu ketupat pada saat Lebaran Syawal. Namun, tak ada salahnya kok kalau Anda menyuguhkan menu berbahan beras yang dibungkus dengan anyaman janur kelapa ini saat Idul Fitri.

Opor ayam

Opor ayam yang tasty di lidah
Opor ayam yang tasty di lidah

Kehadiran ketupat tak akan lengkap bila Anda tidak memadukannya dengan kuah santan yang gurih dan begitu tasty di lidah. Yap, apalagi kalau bukan kuah opor ayam! Bila ingin meminimalisir kolesterol, Anda bisa menggunakan daging ayam kampung. Jangan lupa pula untuk memperkuat bumbu rempah seperti serai, jintan, bawang merah, dan bawang putih.

Rendang

Variasi lauk spesial Lebaran
Variasi lauk spesial Lebaran

Menu tradisional khas Minangkabau ini juga wajib Anda nikmati saat Lebaran. Potongan daging sapi yang dimasak bersama santan kental dan bumbu rempah ini akan begitu nikmat di mulut. Selain daging sapi, Anda juga bisa membuatnya dengan variasi bahan lain seperti daging bebek, hati, dan paru.

Sambal goreng kentang

Sambal goreng kentang istimewa pelengkap menu Lebaran
Sambal goreng kentang istimewa pelengkap menu Lebaran

Bagi Anda yang tak terlalu menyukai makanan berkuah, menu satu sambal goreng kentang wajib disajikan. Menu ini umumnya terdiri dari potongan kentang berbentuk dadu yang dicampur dengan hati sapi, ampela, pete, dan wortel. Citarasa sambal goreng kentang yang pedas dan warnanya yang menarik pasti bikin B’timers semangat menikmatinya.

Sambal krecek

Pedasnya sambal krecek khas Yogya
Pedasnya sambal krecek khas Yogya

Sambal khas Yogyakarta ini memang tergolong istimewa. Terbuat dari krecek atau kulit sapi yang dipadu dengan santan, cabai rawit, lengkuas, daun salam, dan serai, dijamin membuat Anda lahap menyantapnya saat Hari Raya.

Siap untuk menyantapnya? Menu manakah yang akan B’timers nikmati pertama kali?

Share This Article