5 Masakan Padang Favorit Para Pecinta Kuliner | Breaktime
5 Masakan Padang Favorit Para Pecinta Kuliner
21.12.2015

Berbicara tentang masakan Padang selalu menggugah selera. Makanan ini memang sudah menjadi makanan terfavorit seluruh penikmat kuliner. Restoran atau kedai Padang pun sudah menjamur jumlahnya di seluruh pelosok negeri. Lantas, makanan apa saja, sih, yang paling menjadi favorit dari sekian banyaknya masakan Padang? Yuk, intip ulasannya!

     1. Rendang

5 Masakan Padang Favorit Para Pecinta Kuliner | Breaktime
Rendang sudah menjadi salah satu masakan paling lezat di dunia

Rendang adalah masakan nomor satu dari Indonesia yang sudah go international. Rasanya yang sangat lezat didapatkan dari bumbu-bumbu khas Indonesia dan teknik memasaknya yang terbilang sulit dan memerlukan waktu lama.

Tak heran jika akhirnya rendang yang terbuat dari daging sapi ini sudah dinobatkan sebagai salah satu makanan paling lezat di dunia versi CNN. Rendang yang menjadi menu wajib di restoran Padang ini akan lebih nikmat jika disantap dengan nasi hangat dan ditemani segelas teh manis.

     2. Soto Padang

5 Masakan Padang Favorit Para Pecinta Kuliner | Breaktime
Soto Padang juga sudah disajikan di restoran Internasional

Soto Padang tak hanya menjadi makanan favorit di Nusantara saja, menu ini bahkan sudah disajikan di restoran internasional. Namun, rasa dan teknik memasak yang sudah disesuaikan dengan lidah banyak orang.

Soto ini menggunakan daging sapi bagian dalam sehingga tetap empuk dan kenyal. Kuah yang digunakan juga kuah kaldu yang sangat bening dengan bumbu rempah yang menghangatkan.

     3. Dendeng balado

5 Masakan Padang Favorit Para Pecinta Kuliner | Breaktime
dendeng balado menjadi masakan yang digemari di seluruh Nusantara.

Dendeng adalah makanan asal Minangkabau yang kini sudah dikenal di seluruh Nusantara. Dendeng adalah irisan daging sapi tipis yang dikeringkan dan dibumbui dengan rempah-rempah hingga rasanya sangat gurih.

Sementara itu, dendeng balado adalah masakan Padang yang sejauh ini selalu menjadi favorit pecinta kuliner Indonesia. Dendeng  balado yang juga disebut dengan dendeng batokok ini sebelumnya digoreng terlebih dahulu sebelum dibumbui dengan bumbu balado.

     4. Sate Padang

5 Masakan Padang Favorit Para Pecinta Kuliner | Breaktime
Sate Padang dimasak dengan cara yang unik

Sate yang satu ini cukup unik. Keunikannya terletak pada cara membuatnya. Tak seperti sate Madura yang dibakar dagingnya dengan bumbu kecap, sate padang ini dibuat dengan menggoreng daging sapi yang diiris kotak dadu. Setelah itu, barulah ditata di tusuk sate dan disiram dengan saus pedas. Karakteristik utamanya adalah saus kuning yang terbuat dari tepung beras dicampur dengan kaldu jeroan pedas, kunyit, jahe, bawang putih, ketumbar, lengkuas akar, jinten, bubuk kari dan garam. Di Medan juga banyak warung yang menjual sate Padang. Namun tidak hanya daging sapi, mereka juga menggunakan daging ayam dan kambing.

     5. Teh talua

5 Masakan Padang Favorit Para Pecinta Kuliner | Breaktime
Teh talua selalu menjadi menu wajib di restoran-restoran Padang

Jika berbicara tentang makanan, tak lengkap rasanya jika tidak menyebutkan minuman. Selain masakannya yang terkenal lezat, Padang juga memiliki satu minuman yang selalu dicari para pecinta kuliner ketika bertandang ke restoran padang. Ya, Teh talua.

Teh talua ini adalah teh yang dicampur dengan telur ayam atau telur bebek. Sebagai tambahannya, teh ini juga dicampur dengan gula merah dan perasan jeruk nipis. Terbanyang kan, bagaimana segar dan legitnya?

Tiba-tiba jadi terasa lapar ya, B’timers? (nap)

Share This Article