5 Makanan untuk Detox Alami Dijamin Menyehatkan! | Breaktime
5 Makanan untuk Detox Alami Ini Dijamin Menyehatkan!
28.04.2016

Pernahkah Anda mendengar tentang detoks sebelumnya? Ya, detoks atau detoksifikasi adalah sebuah kegiatan pembersihan yang dilakukan tubuh untuk menghilangkan racun yang mengendap. Namun tubuh butuh bahan dari makanan tertentu untuk melakukan tugas tersebut. Bagi Anda yang belum tahu, berikut 5 makanan untuk detox alami :

Lemon

5 Makanan untuk Detox Alami Dijamin Menyehatkan! | Breaktime
Lemon bisa dijadikan minuman yang menyegarkan dan sekaligus menyehatkan

Lemon sudah dipercaya dari dulu untuk menghilangkan racun yang mengendap di dalam tubuh. Buah pembersih racun ini banyak diminati banyak orang karena rasanya unik dan mudah dicampurkan dengan minuman. Selain fungsinya sebagai detoks, lemon mengandung vitamin C dan anti oksidan yang cukup banyak.

Teh hijau

5 Makanan untuk Detox Alami Dijamin Menyehatkan! | Breaktime
Teh hijau memiliki efek menyegarkan saat disedu

Siapa yang tidak kenal teh hijau? Daun teh yang satu ini cukup banyak orang yang meminati B'timers. Selain disedu, ada beberapa kalangan yang mengombinasikannya dengan makanan. Nah, dibalik kenikmatannya ini ternyata teh hijau memiliki kandungan anti oksidan tinggi yang juga akan membantu tubuh dalam melakukan detoksifikasi.

Jahe

5 Makanan untuk Detox Alami Dijamin Menyehatkan! | Breaktime
Jahe merupakan salah satu bahan makanan yang umum digunakan masyarakat Indonesia

Salah satu rempah dapur yang sangat melegenda ini ternyata merupakan salah satu dari 5 makanan untuk detox alami. Kandungan anti oksidan pada jahe mampu menetralisir racun berlebih yang menempel di dalam tubuh.  Sangat cocok untuk dikonsumsi di pagi hari karena selain bagus untuk menghilangkan racun, disedu dengan air hangat akan membuat tubuh terhindar dari masuk angin.

Bawang putih

5 Makanan untuk Detox Alami Dijamin Menyehatkan! | Breaktime
Bawang putih memiliki manfaat yang baik untuk jantung

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang apabila dikombinasikan dengan pas akan menciptakan masakan lezat. Dibalik manfaatnya tersebut, ternyata bawang putih berperan baik dalam proses detoksinasi tubuh. Alasannya adalah kandungan Alicin yang ada pada bawang putih mampu meningkatkan produksi sel darah putih dan mengoptimalkan pembersihan racun di dalam tubuh.

Beras merah

5 Makanan untuk Detox Alami Dijamin Menyehatkan! | Breaktime
Selain digunakan selama program diet, beras merah juga dimanfaatkan untuk detoksifikasi

Bagi kalangan atlet atau pelaku diet pasti sudah tidak asing lagi dengan beras yang satu ini bukan? Ya, beras merupakan salah satu bahan makanan sehat yang bisa menghindarkan tubuh dari bahaya penyakit diabetes. Tapi tidak hanya itu B'timers, ternyata bahan makanan yang satu ini bermanfaat besar untuk memperlancar detoksinasi tubuh.

Nah itulah 5 makanan untuk detox alami yang mungkin bisa membantu Anda dalam menyehatkan tubuh. Sebenarnya tubuh kita sudah memberikan fasilitas detoksinasi sendiri dari organ tubuh hati. Hati akan melakukan hal tersebut ketika manusia memasuki fase tidur. Namun, kinerjanya akan terhambat apabila tubuh seseorang dalam kondisi terjaga. Jadi, penuhi jam tidur Anda agar detoksinasi bisa berjalan lancar B'timers. (wsu)

Share This Article