Daftar Makanan Lezat Akan Beracun saat Dipanaskan | Breaktime
5 Makanan Lezat yang Jadi Beracun saat Dipanaskan
27.07.2015

Beberapa jenis makanan memang lebih enak jika dipanaskan berulang kali, contohnya saja gudeg khas Jogja. Namun, sebagian makanan akan hambar dan justru bisa beracun jika terlalu sering dipanaskan. Ini beberapa di antaranya:

Sayur bayam

Daftar Makanan Lezat yang Jadi Beracun saat Dipanaskan
Kandungan nitrit berubah jadi zat racun jika sayur bayam dipanaskan

Sayur bayam memang sangat lezat dan segar, apalagi jika dinikmati saat makan siang. Sayangnya, bayam bisa berubah beracun saat dipanaskan. Di dalam bayam, ada kandungan zat besi yang akan terurai dan menyebabkan berhentinya aliran oksigen di dalam tubuh.

Olahan telur

Daftar Makanan Lezat yang Jadi Beracun saat Dipanaskan
Kandungan protein di dalam telur bisa hancur ketika dipanaskan ulang

Baik itu telur dadar, ceplok, dan rebus, pemanasan ulang tidak disarankan karena kandungan protein yang terdapat di dalamnya bisa hancur. Padahal, salah satu gizi baik terbesar yang terdapat dalam sebutir telur adalah protein.

Baca Juga : ADAKAH MAKANAN PEMBANGKIT GAIRAH SEKS?

Kentang

Daftar Makanan Lezat yang Jadi Beracun saat Dipanaskan
Gizi baik pada kentang bisa berubah menjadi racun berbahaya jika dipanaskan lagi

Kentang termasuk ke dalam sayuran yang tidak dianjurkan untuk dipanaskan ulang. Saat terbaik mengonsumsi olahan kentang adalah ketika telah dimasak dan didinginkan. Ketika dipanaskan, kandungan probiotik di dalam kentang akan rusak dan bisa meracuni sistem pencernaan.

Seledri

Daftar Makanan Lezat yang Jadi Beracun saat Dipanaskan
Seperti halnya bayam, daun seledri juga tidak dianjurkan untuk dipanaskan lagi

Daun seledri yang banyak digunakan pada masakan Indonesia ternyata sangat berbahaya jika dipanaskan ulang. Seledri seperti halnya bayam memiliki kandungan nitrat yang akan berubah menjadi racun untuk tubuh jika dipanaskan.

Daging

Daftar Makanan Lezat yang Jadi Beracun saat Dipanaskan
Susunan protein pada daging bisa berubah jika dipanaskan

Tidak hanya beberapa jenis sayuran saja yang tidak boleh dipanaskan lagi, begitu halnya dengan daging. Pemanasan berulang pada daging akan merusak susunan protein di dalamnya. Ketika susunan protein pada daging berubah, tubuh tidak akan mengenalinya sebagai bahan yang aman sehingga sulit untuk dicerna.

Share This Article