Makanan Ajaib yang Mencegah Karsinogen Penyebab Kanker | Breaktime
5 Makanan Ajaib yang Libas Karsinogen Penyebab Kanker
13.08.2015

Karsinogen adalah salah satu zat berbahaya yang dapat menyebabkan kanker dan seringkali ditemukan dalam makanan. Nah, berita baiknya, karsinogen bisa dilawan dengan berbagai kandungan zat yang terdapat dalam makanan. Apa saja? Berikut ulasannya:

Bawang putih

Kandungan allyl sulfur dalam bawang putih akan membantu mengaktifkan nitrosamine yang bisa memblokir zat karsinogen berbahaya bagi tubuh. Bawang putih juga mengandung vitamin A, B, C, kalsium, kalium, besi, karoten, dan selenium yang dapat mencegah mutasi gen, menghambat pertumbuhan sel kanker, memperbaiki struktur DNA yang rusak, serta merangsang sel kanker untuk membunuh dirinya sendiri.

Makanan Ajaib yang Mencegah Karsinogen Penyebab Kanker
Bawang putih dan cabai, bumbu dapur ajaib

Cabai

Kandungan capsaicin dalam cabai tak hanya membuat kita kepedasan, tapi juga akan mematikan zat karsinogen yang dihasilkan rokok. Bahkan, cabai menjadi yang nomor satu dalam melindungi diri dari kanker paru-paru.

Jeruk bali

Buah segar yang satu ini mengandung monoterpenes yang dapat mencegah kanker dengan membersihkan karsinogen yang ada dalam tubuh.

Anggur merah

Bioflavonoids dalam anggur merah bekerja sebagai antioksidan penghalau kanker. Selain itu, kandungan asam ellagic dan polyphenol dalam anggur merah juga akan menghambat pertumbuhan tumor dan kanker.

Brokoli

Kepala brokoli yang berwarna hijau tua memiliki phytochemical sulforaphane yang dapat mencegah perkembangan beberap tipe kanker. Sulforaphane akan merangsang produksi enzim tertentu yang akan menonaktifkan radikal bebas dan zat karsinogen.

Makanan Ajaib yang Mencegah Karsinogen Penyebab Kanker
Hindari makanan yang diasap atau dibakar

Selain mengonsumsi makanan penangkal karsinogen, B’timers tentu harus menghindari makanan pemicu kanker seperti daging olahan yang diawetkan, makanan yang diasap atau dibakar, serta sebisa mungkin mengurangi pemakaian plastik untuk membungkus makanan.

Share This Article