5 Kreasi Sotong yang Harus Dicoba di Rumah | Breaktime
5 Kreasi Sotong yang Harus Dicoba di Rumah
16.03.2016

Anda suka makan seafood, B’timers? Salah satu olahan makanan laut adalah yang berbahan sotong atau cumi. Atau mungkin Anda termasuk yang tidak menyukai olahan sotong? Tapi ketahuilah, bahwa Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dari setiap gigitan makanan laut, khususnya dari sotong.

Salah satu nutrisi yang kita dapatkan dari sotong adalah protein. Kita sering mendengar bahwa tubuh membutuhkan nutrisi ini untuk tetap sehat. Seperti menjaga kulit, otot, rambut dan kuku. Sotong merupakan sumber dengan kandungan protein, B’timers. Nah, berikut Breaktime sajikan 5 kreasi sotong yang patut Anda coba B’timers.

  • Lemon Chicken and Blackbean Squid with stir-fried Rice

Hanya dengan waktu 30 menit saja, Anda sudah bisa menghidangkan menu utama, dengan tambahan nasi tumis. Campuran kecap, madu dan tepung jagung sebagai lapisan daging ayam, membuat semakin kaya rasa. Sementara potongan sotong yang dibumbui minyak wijen, kecap dan mirin, mampu menyamarkan aroma amis dari hidangan laut ini. Lalu, nasi yang ditumis dengan ketumbar, kecap, minyak wijen dan daun bawang, tidak membuat kelezatan kreasi sotong ini tenggelam.

5 Kreasi Sotong yang Harus Dicoba di Rumah | Breaktime
Nasi tumis untuk menemani menu sotong
  • Squid with Black Bean Sauce and deep-fried Squid Rings with Yuzu Dressing

Salah satu dari 5 kreasi sotong yang tidak kalah nikmatnya adalah cumi goreng dalam saus kacang hitam dan cumi goreng cincin. 2 masakan dari sotong ini sangat cocok bagi Anda penyuka hidangan olahan cumi, B’timers. Dressing yuzu yang menyempurnakan menu ini, terbuat dari jus yuzu, dengan kuning telur ditambah bumbu lainnya. Dan kerenyahan cincin cumi yang dibalut tepung terigu, telur serta tepung roti Japanese panko dalam minyak panas, tidak akan Anda lupakan.

  • Taglierini with Squid and oven-roasted Tomato Sauce

Untuk resep ini, pasta taglierini dibuat secara manual dengan resep simple, B’timers. Sedangkan sotong panggang dengan saus tomat, hanya dibumbui dengan minyak zaitun, garam dan lada hitam. Dipanggang dalam oven selama 1 ½ jam, sehingga membuat saus alami dari tomat keluar, dan meresap ke dalam daging cumi. Hmm, pasta seafood? Anda harus mencoba taglierini dengan cumi panggang dan saus tomat ini, B’timers.

5 Kreasi Sotong yang Harus Dicoba di Rumah | Breaktime
Pasta seafood untuk pecinta makanan laut
  • Catalan-style Squid and Octopus Stew

Bagaimana dengan sotong dan gurita yang dimasak dengan gaya Spanyol. Tambahan paprika bakar dan kunyit. Lalu disajikan hanya dengan roti kering. Benar-benar khas kuliner dataran Eropa, lho, B’timers! Dan siapa bilang, sotong dengan gurita tidak bisa disatukan dalam menu masakan istimewa? Coba saja makanan laut yang direbus ini. Potongan sotong dan gurita rebus dengan bumbu chorizo dan saffron yang meresap sempurna, akan membawa Anda ke langit ketujuh.

  • Braised Pork Cheekc with Polenta and Squid

Meskipun hidangan yang satu ini menggunakan sotong sebagai pelengkap, tetap tidak berarti Anda boleh mengabaikannya, B’timers. Apalagi dengan polenta yang merupakan makanan khas Italia, serta keju parmesan untuk penambah rasa, hmm, hidangan restoran kelas satu menunggu Anda memesannya!

Dan 5 kreasi sotong di atas, tidak memberikan alasan Anda meremehkan menu yang terbuat dari cumi alias sotong ini, B’timers. (NO)

Share This Article