5 Kreasi Miso yang Wajib Dicicipi Minimal Sekali | Breaktime
5 Kreasi Miso yang Wajib Dicicipi Minimal Sekali!
02.05.2016

Miso, B’timers sudah kenal masakan ini? Miso adalah sejenis pasta bumbu asal Jepang yang dibuat dengan cara memfermentasikan kacang kedelai dengan garam dan jamur Aspergillus oryzae atau dikenal dengan koji di Jepang. Terkadang, pembuatan miso juga dicampur dengan bahan lain seperti beras, barley dan lainnya. Tak dimakan begitu saja, miso biasanya diolah untk campuran bahan masakan lain. Yap, berikut 5 kreasi miso dari Breaktime untuk B’timers coba:

1 Kuah salad

Miso bisa menambahkan rasa sedap dan gurih pada saus atau kuah salad, lho. Anda bisa mencampurkan miso dengan 1 sendok makan sherry atau cuka wine, 2-3 sendok makan extra virgin olive oil dan 1 sendok the pasta miso.

2 Bawang Bombay untuk burger

Satu dari 5 kreasi miso yang juga tak kalah menarik, cara baru untuk nikmati burger dengan level yang berbeda! Tumis bawang Bombay dengan mentega hingga lembut, matikan api. Masukkan 1-2 sendok teh miso dan aduk rata. Cicipi kombinasinya dalam kelezatan yang dahsyat.

5 Kreasi Miso yang Wajib Dicicipi Minimal Sekali | Breaktime
Sup miso yang hangat mengepul dan super lezat

3 Masakan sup

Miso juga bisa lho, jadi kaldu yang menyedapkan masakan sup B’timers. Panaskan 3 cup kaldu hingga mendidih, lalu masukkan 1-2 sendok makan miso putih dan aduk hingga rata. Tambahkan sayuran dan mie untuk memperkaya bahannya. Porsi ini cukup untuk dua orang.

4 Saus untuk daging atau ikan goreng

Untuk teman penyempurna gorengan daging atau ikan Anda, miso bisa jadi solusi. Masak daging atau ikan dengan sedikit minyak, sisihkan. Di penggorengan, masukkan cuka anggur, 2 sendok makan miso putih dan satu sendok makan air panas, aduk rata, tuangkan di atas daging atau ikan goreng. Sajikan hangat.

5 Bumbu pengganti garam atau kecap asin

Miso juga bisa digunakan sebagai pengganti garam dan kecap asin, dan bahkan lebih kaya rasa. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan miso untuk campuran bumbu masakan tumis, lho. Rasa paling sempurna akan Anda dapat dengan mencampurkan miso setelah masakan diangkat dari kompor.

Nah, setelah mengetahui 5 kreasi miso tadi, tidakkah B’timers penasaran dan tertarik mencobanya sendiri di dapur? (md)

Share This Article