5 Hal Wajib yang Perlu Ketahui Tentang Buah Beet | Breaktime
5 Hal Wajib yang Perlu Anda Ketahui Tentang Buah Beet
01.02.2016

Berbagai olahan makanan dari buah beet sudah sering kita jumpai kan, B’timers? Mulai dari makanan penutup atau dessert, seperti red velvet cake, hingga olahan mie atau bubur dari buah beet. Yuk, simak 5 hal wajib tahu tentang buah beet, B’timers!

Sejarah buah beet

Beet sebenarnya tumbuh secara alami di sepanjang garis pantai di Afrika Utara, Asia, dan Eropa sejak lama. Namun hanya buah yang berwarna hijau saja yang dikonsumsi. Beet merah baru dibudidayakan pada era bangsa Romawi.

Pada abad ke-19, rasa manis alami dari buah beet mulai digunakan sebagai bahan utama pembuatan gula, setelah tebu. Dan kenyataannya, buah beet mengandung berbagai nutrisi unik yang tidak bisa Anda dapatkan dari buah lain. Selain itu, tentu rasanya yang lezat!

1.Menurunkan tekanan darah

Salah satu studi menemukan bahwa minum 1 gelas jus beet, dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik rata-rata 4-5 poin. Dengan kandungan nitrat alami dari buah beet, yang kemudian diubah menjadi oksida nitrat dalam tubuh Anda. Oksida nitratlah yang membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi lancar dan menurunkan tekanan darah.

2.Meningkatkan stamina

Mereka yang mengonsumsi jus buah beet sebelum berolahraga,  mampu berolahraga hingga 16 % lebih lama daripada mereka yang tidak meminumnya. Manfaat ini dikarenakan kandungan nitrat di dalamnya. Jadi, jika Anda membutuhkan tenaga ekstra untuk latihan fisik hari ini, awali dulu dengan 1 gelas jus buah beet, ya, B’timers!

5 Hal Wajib yang Perlu Ketahui Tentang Buah Beet | Breaktime
Jus beet dapat meningkatkan stamina saat berolahraga

3.Melawan infeksi

Dari 5 hal wajib tahu tentang buah beet, membantu mengurangi peradangan atau infeksi ini yang tidak pernah diduga banyak orang. Buah beet merupakan sumber dari betaine. Dan betain inilah yang dapat membantu melindungi sel, protein, dan enzim dari penyakit. Anti-inflamasi yang ditemukan dalam buah beet memang terbukti memberikan manfaat pada sistem kardiovaskular kita.

4.Anti kanker

Di balik warna merahnya, buah beet memiliki fitonutrien yang dapat membantu menangkal kanker. Penelitian telah menunjukkan, bahwa ekstrak beet dapat mengurangi pembentukan sel tumor. Sementara itu, saat ini masih dilakukan uji coba terhadap pengobatan kanker pancreas, kanker payudara, dan kanker prostat menggunakan ekstrak buah beet ini.

5.Kaya nutrisi dan kandungan serat

Buah beet dikenal mampu meningkatkan kekebalan tubuh, karena mengandung vitamin C, serat alami, dan mineral penting lainnya. Kandungan potasium yang penting untuk kesehatan saraf dan fungsi otot, serta mangan, yang baik untuk tulang, hati, ginjal, dan pancreas Anda. Selain itu, buah beet juga mengandung vitamin B folat, yang membantu mengurangi resiko cacat lahir.

Itu tadi 5 hal wajib tahu tentang buah beet, B’timers. Dan ternyata buah beet ini bisa digunakan untuk membantu detoksifikasi, lho. Coba juga beet hijau, ya, B’timers? (NO)

Share This Article