5 Alat Dapur ini Punya Tanggal Kadaluarsa, lho! | Breaktime
5 Alat Dapur ini Punya Tanggal Kadaluarsa, lho!
15.08.2016

Aneh, ketika mendengar ternyata alat dapur juga punya tanggal kadaluarsanya, B’timers? Dan memang benar, tidak hanya bahan makanan saja yang memiliki tanggal habis masa berlaku. Nah, alat dapur yang digunakan tanpa memperhatikan tanggal kadaluarsa, bahkan bisa menjadi sumber yang membahayakan kesehatan. Hmm, simak 5 alat dapur yang punya tanggal kadaluarsa, yuk, B’timers!

5 Alat Dapur ini Punya Tanggal Kadaluarsa, lho! | Breaktime
Alat dapur dari kayu sangat mudah lembab, lho!

Sendok kayu, masa kadaluarsa 5 tahun

Dan ternyata sendok yang Anda anggap alami ini memiliki masa kadaluarsa juga, lho. Meskipun tidak terlihat berbahaya, sebaiknya ganti sendok kayu di dapur setiap 5 tahun sekali, B’timers. Ini karena sendok kayu sangat mudah berjamur, dan semakin lama disimpan bakteri akan bersarang di sini. Hiii!

Spatula plastik, masa kadaluarsa 2 tahun

Jangan salah, B’timers, karena alat yang biasa Anda gunakan untuk mengaduk adonak kue ini juga cukup mudah tergores dan bisa menjadi sarang bakteri. Apalagi jika cara membersihkannya tidak benar. Begitu lama digunakan, daya elastisitasnya juga akan berkurang. Yakin, Anda masih menggunakannya jika tahu?

5 Alat Dapur ini Punya Tanggal Kadaluarsa, lho! | Breaktime
Sama seperti talenan, pisau juga punya masa kadaluarsa

Pisau buah, masa kadaluarsa 2 tahun

Meskipun terbuat dari bahan stainless steel, pisau juga punya masa kadaluarsa, dan wajib dilengserkan ketika sudah berakhir, B’timers. Selain ketajamannya berkurang, pisau buah juga perlu diganti secara rutin, lho. Atau jika Anda masih ingin mempertahankannya, setidaknya rutinlah mengasah pisau itu.

5 Alat Dapur ini Punya Tanggal Kadaluarsa, lho! | Breaktime
Dan wajananti lengket pun harus rutin diganti, B’timers

Wajan anti lengket, masa kadaluarsa 2 – 3 tahun

Nah, semakin sering wajan anti lengket digunakan, maka umur wajan pun semakin cepat berkurang, lho. Well, pengelupasan lapisan wajan tidak dapat dihindari, B’timers. Jadi jika Anda tak ingin mengeluarkan uang untuk membeli yang baru, rawatlah dengan benar dan jangan pernah menggosok dengan kasar.

Talenan, masa kadaluarsa 1 – 3 tahun

Tahu tidak, jika ternyata sarang bakteri paling tidak disadari yang ada di dapur adalah talenan, B’timers? Apalagi talenan kayu, Talenan sangat mudah tergores. Dan jika Anda menggunakan talenan yang sama untuk emmotong buah, sayur dan daging, wah, bayangkan banyaknya bakteri yang tinggal di talenan!

Ingat, sudah berapa lama sejak Anda pertama kali membeli alat dapur yang ternyata memiliki tanggal kadaluarsa, B’timers! (NO)

Share This Article