Trik Ajaib Bikin Makanan Rumahan Rasa Restoran! | Breaktime
4 Trik Cara Membuat Makanan Rumahan Rasa Restoran!
03.07.2015

Bicara soal makanan, apa sih, yang membuat menu makanan di restoran terkadang lebih menggoda dibandingkan menu masakan rumahan? Ternyata, berbagai trik memasak yang diterapkan oleh para chef papan atas menjadi kuncinya. Nah, B’timers juga bisa menerapkannya pada menu-menu makanan berikut ini:

Cah kangkung

Cah kangkung dengan sensasi crispy
Cah kangkung dengan sensasi crispy

Sebenarnya, menu sederhana satu ini sangat mudah dibuat di rumah. Namun, sebagian orang lebih tertarik untuk menikmatinya di sejumlah restoran lantaran tampilannya lebih segar dan memiliki sensasi crispy saat dikunyah.

Kuncinya, saat menumis cah kangkung di rumah gunakan api dengan suhu tinggi. Panaskan penggorengan selama 1 hingga 2 menit, tuangkan minyak, bumbu, dan masak dengan cepat agar warna dan cairan sayuran tetap terjaga.

Steak

Steak dengan kualitas terbaik
Steak dengan kualitas terbaik

Masalah utama yang sering terjadi ketika memasak steak adalah ingin mendapatkan kualitas medium-well-done,  tapi jadinya malah well-done. Solusinya, cek tingkat kematangan daging dengan finger test. Bila B’timers ingin medium-well atau medium-rare steak, tekstur daging terasa sedikit lembek ketika ditekan dengan jari.

Namun bila Anda menginginkan well-done steak, pastikan saat daging ditekan dengan jari, teksturnya terasa kaku dan tak lagi mengeluarkan sarinya.

Fried chicken

Fried chicken dengan tekstur super crispy
Fried chicken dengan tekstur super crispy

Ini juga termasuk menu restoran favorit yang banyak diburu orang padahal sebenarnya Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Sayangnya, hasil gorengan yang kurang renyah kadang bikin B’timers frustrasi, bukan?

Solusinya, jagalah kestabilan suhu minyak bila Anda menggunakan deep fryer (penggorengan listrik). Selain itu, pastikan ayam terendam minyak seluruhnya sehingga tidak ada permukaan yang lembek ketika diangkat.

Soto ayam

Soto ayam dengan kuah kaldunya yang mantap
Soto ayam dengan kuah kaldunya yang mantap

Pernah merasa gagal membuat soto ayam yang tasty di lidah padahal B’timers telah memasukkan bumbu rempah secara lengkap? Well, bisa jadi karena cita rasa kaldu ayam Anda kurang “keluar”.

Untuk mendapatkan kaldu ayam yang lezat, pastikan bahwa daging ayam tersebut telah benar-benar bersih dari noda darah dan lendir yang menempel. Kemudian, masukkan ayam pada air yang mendidih agar kaldu lebih mudah keluar.

Nah, itulah trik-trik sederhana yang bisa B’timers lakukan untuk mendapatkan menu masakan rumahan dengan kualitas cita rasa restoran. Selamat mencoba!

Share This Article