4 Menu Sahur dan Berbuka cocok di Bulan Puasa | Breaktime
4 Menu Sahur dan Berbuka yang Usir Lapar di Bulan Puasa
15.06.2015

Masalah paling jamak saat ditemui bulan puasa adalah perut yang sering keroncongan dan energi tubuh yang makin melemah karena lapar. Bagi B’timers yang tetap aktif beraktivitas, tentunya kejadian semacam ini sangat menganggu. Oleh karena itu, siasati memilih menu sahur dan berbuka yang bisa menunda rasa lapar lebih lama, yuk!

Kurma

4 Menu Sahur dan Berbuka cocok di Bulan Puasa | Breaktime
Buah manis yang mengenyangkan

Buah yang berasal dari sekitar tepi sungai Nil dan Efrat ini memang kerap naik daun ketika bulan puasa. Kurma memiliki daftar panjang kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk mengembalikan stamina tubuh saat sahur dan berbuka.

Kurma matang mengandung gula sekitar 80% dan sisanya, buah dengan dagung lembut ini mengandung protein, lemak, dan zat-zat mineral seperti tembaga, besi, magnesium, dan asam folat. Maka tak heran bila hanya dengan menyantap 1 sampai 3 biji kurma dan beberapa teguk air putih saat sahur, Nabi Muhammad bisa puasa dan beraktivitas seharian.

Oatmeal

4 Menu Sahur dan Berbuka cocok di Bulan Puasa | Breaktime
Praktis, sehat, dan menunda rasa lapar

Praktis tapi mengenyangkan, jangan tinggalkan oatmeal sebagai menu sahur atau berbuka, ya! 81 gram oatmeal mengandung kalori sebanyak 307, 56 gr karbohidrat, serat 8 gr. Selain itu, oatmeal juga mengandung fitokimia yang mendukung kesehatan jantung. Anda bisa menambahkan gula merah, susu, taburan kayu manis, buah-buahan, atak campur dengan kacang-kacangan.

Sup

4 Menu Sahur dan Berbuka cocok di Bulan Puasa | Breaktime
Menghangatkan, kaya vitamin, bikin energi tahan lama

Saat berbuka ataupun sahur, tubuh akan terasa lebih baik bila mengonsumsi sayuran dengan kuah hangat seperti sup. Kandungan air yang tinggi dalam sup serta berbagai sayuran di dalamnya membuat tubuh B’timers merasa kenyang lebih lama, lho.

Puree kentang

4 Menu Sahur dan Berbuka cocok di Bulan Puasa | Breaktime
Makanan alternatif mengenyangkan yang kaya manfaat

Kalau Anda bosan mengonsumsi nasi sebagai menu sahur dan berbuka, puree kentang juga bisa jadi makanan pilihan yang mengenyangkan. Bahkan, bagi Anda yang memiliki masalah penyakit jantung atau hipertensi, kandungan kukoamin dan flavonoid kentang akan bantu memerangi keduanya.

Share This Article