4 Manfaat Luar Biasa dari Si Mungil Kurma | Breaktime
4 Manfaat Luar Biasa dari Si Mungil Kurma
19.06.2015

Kurma adalah buah yang berasal dari negara Timur Tengah dengan berjuta manfaat yang dimilikinya. Dimakan dalam bentuk kering ataupun basah, buah kurma tetap saja memiliki berjuta manfaat. Inilah manfaat yang bisa B’timers dapatkan bila rutin mengosumsinya.

Kurma yang masih mentah
Kurma yang masih mentah

Melancarkan sistem pencernaan

Tingginya serat pada kurma menjadikan buah ini bagus untuk menunjang kesehatan usus besar dan untuk memperlancar gerakan peristaltik. Serat insolubel dan solubel kurma bantu untuk membersihkan gastrointestinal system yang akan membuat usus bekerja secara efisien. Alhasil, buah ini akan menghindarkan Anda dari penyakit radang, kanker, dan juga wasir.

Anti-peradangan

Buah kurma sangat kaya akan magnesium, sebuah agen anti-inflammmantoryyang baik. Berdasarkan sebuah penelitian tahun 2010 dilakukan oleh Chacko S.A dkk dari Department of Epidemiology and Program on Genomics and Nutrition di UCLA, Los Angeles, California, USA, kandungan magnesium kurma dapat menurunkan peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

Meningkatkan Kecerdasan

Kurma ternyata juga sangat bagus digunakan untuk meningkatkan kecerdasan dan kemampuan otak. Hal ini telah didukung oleh sebuah penelitian yang diunggah ke JAMA Internal Medicine yang mengatakan bahwa kandungan vitamin B6 di dalam kurma dapat meningkatkan kemapuan otak untuk dapatkan score yang lebih baik dalam ujian.

Menurunkan tekanan darah

Tak hanya berperan sebagai anti peradangan, ternyata magnesiumkurma  juga dapat menurunkan tekanan darah, lho. Selain itu, kandungan potasium kurma juga sangat bagus untuk menunjang kesehatan tekanan darah dalam tubuh. Selain itu, studi dalam American Journal Clinical Nutrition juga menunjukkan bahwa magnesium kurma bisa menurunkan resiko terkena stroke.

Ternyata banyak sekali manfaat yang bisa B’timers dapatkan dari rutin konsumsi buah kurma ya. Maka tak salah jika kurma dijadikan buah utama yang disarankan untuk pertama kali dikonsumsi saat berbuka puasa.

Share This Article