Makanan Paling Aneh dan Ekstrem Bikin Merinding | Breaktime
4 Makanan Paling Aneh dan Ekstrem yang Bikin Merinding
05.07.2015

Apa makanan favorit B’timers? Nasi goreng seafood serta bakso dan mie mungkin sudah biasa. Karena itu merupakan makanan sehari-hari yang biasa kita jumpai. Dan yang pasti, rasanya sudah terjamin lezat. Namun, bagaimana kalau kita harus menyantap makanan aneh yang terbilang ekstrem? Di sejumlah negara khususnya di Asia, hewan-hewan yang “tak biasa” justru diolah dan disantap, bahkan jadi makanan yang populer! Hm, apa saja, ya? Simak, yuk.

Sup ular, Hong Kong

Ular menjadi bahan sup yang favorit
Ular menjadi bahan sup yang favorit

Sup ayam itu umum, sup ikan itu biasa, tetapi sup ular? Mendengarnya saja sudah bikin bergidik. Masakan sup yang populer di Hong Kong ini berisi daging ular, tahu dan jamur. Disajikan hanya pada musim dingin, daging ular dipercaya berkhasiat menghangatkan darah dalam tubuh manusia.

Balut, Filipina

Telur yang berisi embrio bebek
Telur yang berisi embrio bebek

Makanan ekstrem ini sangat terkenal di Filipina. Saat telur dibuka, kita bisa melihat tubuh bebek secara utuh yang masih berbentuk embrio. Rasa balut diklaim sangat enak, bahkan makanan ini dijadikan street food, direbus dan disajikan dengan garam, bumbu rempah-rempah dan cuka. Eww, tertarik mencoba?

Daging tikus, Vietnam

Daging tikus jadi makanan populer
Daging tikus jadi makanan populer

Biasanya hewan “menjijikkan” ini jadi musuh kita dan berbagai cara dilakukan untuk mengusirnya, bahkan jika ada satu ekor saja berkeliaran di rumah. Namun di desa Canh Nau Hanoi, Vietnam, daging tikus justru diolah dan dimasak! Bahkan desa ini sudah terkenal dengan olahan daging tikusnya yang lebih populer dibandingkan daging sapi, ayam dan babi.

Sannakji, Korea

Sepiring gurita yang masih menggeliat
Sepiring gurita yang masih menggeliat

Sannakji adalah sejenis masakan mentah yang populer di Korea. Menyajikan gurita hidup yang telah dipotong kecil-kecil, ditaburi wijen dan diberi penyedap minyak wijen. Potongan gurita ini biasanya masih menggeliat-geliat meski sudah berada di piring. Siap menyantap?

Nah, itulah kuliner ekstrem dari berbagai negara di Asia. Mungkin, B’timers sudah pernah mencoba, atau berminat mencobanya?

Share This Article