Makanan Untuk Percepat Sembuhnya Luka Pasca Operasi | Breaktime
4 Makanan Ini Bisa Percepat Sembuhnya Luka Pasca Operasi
17.08.2015

Makanan Penyembuh Luka - Apakah B’timers baru saja selesai menjalani operasi? Umumnya, luka operasi membutuhkan masa penyembuhan yang cukup lama. Namun, Anda bisa mempercepat proses penyembuhan luka tersebut dengan mengonsumsi sejumlah makanan sehat yang bagus untuk memperbaiki jaringan tubuh seperti berikut ini:

Putih telur

Makanan Untuk Percepat Sembuhnya Luka Pasca Operasi
Menu kaya protein yang bagus untuk pembentukan jaringan baru

Putih telur sangat kaya akan kandungan protein asam amino. Asam amino ini berperan untuk membentuk jaringan baru dalam tubuh. Selain itu, protein putih telur juga sangat bagus untuk melawan infeksi dan penyakit yang dapat memperlambat penyakit.

Baca juga: CAMILAN LEZAT NAN SEHAT: FRUIT SALSA WITH BAKED CINNAMON CHIPS

Ikan gabus

Makanan Untuk Percepat Sembuhnya Luka Pasca Operasi
Menu kaya asam amino yang efektif menyembuhkan luka

Selain putih telur, ikan gabus juga merupakan sumber asam amino yang baik bagi penyembuhan luka. Selain itu, 100 gr ikan gabus juga memiliki kandungan gizi berupa 69 kalori, 25,2 protein, 1,7 gr lemak, 76 gr fosfor, dan 62 mg kalsium.

Bayam

Makanan Untuk Percepat Sembuhnya Luka Pasca Operasi
Menu kaya zat besi yang baik bagi sel darah merah

Bayam sangat kaya akan kandungan zat besi yang penting bagi pembentukan hemoglobin. Nah, hemoglobin merupakan senyawa sel darah merah yang bertugas untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh dan memperbaiki metabolisme sel. Dengan begitu, proses penyembuhan luka akan berjalan lebih cepat.

Whole grain oatmeal

Makanan Untuk Percepat Sembuhnya Luka Pasca Operasi
Menu kaya glukosa dan karbohidrat bagi sistem imunitas

Selain 3 makanan tersebut, Anda juga bisa menikmati whole grain oatmeal. Menu satu ini mengandung glukosa dan karbohidrat kompleks yang bagus untuk menjaga sistem imunitas tubuh. Tingginya serat dalam menu ini juga bisa mencegah Anda dari sembelit saat penyemuhan luka pasca operasi.

Supaya khasiat keempat makanan penyembuh luka tersebut lebih terasa, pastikan mengolahnya dengan cara yang benar ya, B’timers. Jangan campurkan dengan terlalu banyak minyak, garam, gula, dan bumbu penyedap buatan.

Share This Article