Makanan Indonesia yang Diburu Para Ekspatriat | Breaktime
4 Makanan Indonesia yang Diburu Para Ekspatriat
05.04.2015

Cita rasa masakan Indonesia yang kaya akan berbagai rempah sudah pasti bisa membuat lidah terus bergoyang. Tak hanya penduduk lokal saja yang mengakui kelezatan masakan tanah air, sejumlah kalangan ekspatriat yang datang berkunjung ke Indonesia juga sangat menggemari kuliner Nusantara.

Bila di tahun 2011 pihak CNNGo telah menobatkan rendang sebagai makanan paling lezat di dunia, intip pula beberapa makanan Indonesia yang sangat digemari masyarakat dari seluruh dunia:

Sate

Aroma menggoda sate Madura
Aroma menggoda sate Madura

Olahan daging panggang yang disajikan dengan saus kacang dan kecap ini menjadi kuliner utama yang tidak akan dilewatkan oleh kalangan ekspatriat. Asap dari daging ayam, kambing, ataupun kelinci yang dibakar is most likely to attract customers with its distinguished smell! 

Salah satu jenis sate yang paling terkenal adalah sate Madura. Dengan potongan daging berukuran besar dan racikan bumbu yang khas, sate ini masih dilengkapi ketupat ataupun lontong yang menambah kenikmatannya. 

Nasi goreng

Pedasnya nasi goreng yang bikin nagih
Pedasnya nasi goreng yang bikin nagih

Selain sate, nasi goreng seolah menjadi one of our country’s signature dishes yang selalu bikin para turis penasaran dengan rasanya. Berbagai campuran bahan makanan lain di dalamnya seperti telur, udang, ayam, ikan, ataupun daging kambing yang dipadu dengan rasa pedas menjadikan menu makanan ini tak akan terlewatkan oleh para turis manca negara.

Bakso

Kuah sedap dan daging bakso super yummy
Kuah sedap dan daging bakso super yummy

Di kota manapun di Indonesia, B’timers tak akan kesulitan menemukan kuliner yang satu ini. Kendati demikian, bakso tetap menjadi makanan unik yang mengundang rasa penasaran para ekspatriat untuk mencicipi cita rasanya. Bahkan, pihak CNN melaporkan bahwa Barack Obama remembered it as one of his favorites during a visit to Jakarta last time!

Soto

Kaya bumbu, nikmat disantap dengan nasi ataupun lontong
Kaya bumbu, nikmat disantap dengan nasi ataupun lontong

Salah satu keunggulan dari kuliner Nusantara jika dibandingkan dengan Westerm cuisine adalah bumbunya yang sangat melimpah, misalnya saja soto. Uniknya lagi, soto bisa ditemukan di hampir seluruh pelosok Indonesia dengan versi dan cita rasa berbeda tergantung kekhasan masing-masing wilayah. Hal inilah yang menjadikan soto memiliki daya pikat tersendiri dan menjadi most wanted indigenous food in Indonesia.

Nah, bagaimana dengan Anda sendiri? Menu makanan khas Indonesia manakah yang selama ini menjadi salah satu favorit B’timers? Bila kebetulan saat ini ada rekan ekspatriat yang sedang berkunjung dan ingin menikmati sejumlah menu fantastis Nusantara, jangan ragu untuk mengajaknya mencicipi kelezatan makanan yang telah Breaktime hadirkan, ya!

Share This Article