Makanan di Bandung Ini Wajib Anda Coba, B’Timers | Breaktime
4 Makanan di Bandung Ini Wajib Anda Coba, B’Timers
14.04.2017

Wah, B’Timers pada akhirnya sampai juga ya di akhir pekan? Ditambah lagi hari ini bertepatan dengan perayaan keagamaan, sehingga liburan weekend Anda bertambah satu hari. Di hari libur yang cukup panjang ini rugi rasanya jika Anda tidak melepaskan penat dengan pergi ke kota wisata. Salah satunya adalah Kota Bandung. Dan selagi Anda berada di Kota Bunga yang sejuk tersebut, jangan sampai Anda melewatkan kesempatan untuk mencicipi berbagai hidangan kuliner Bandung. Yuk simak 4 jenis makanan di Bandung yang wajib Anda coba di bawah ini.

Makanan di Bandung Ini Wajib Anda Coba, B’Timers | Breaktime
Hmmm lezatnya makanan di Bandung ini!
  • Gurihnya Kelapa dari Kue Bandros

Bagi B’Timers yang gemar mengemil jajanan tradisional di masa Anda kecil pastinya pernah menyoba kue rangi, bukan? Nah, kue rangi, atau kue pancong ini juga merupakan makanan di Bandung, tetapi masyarakat Bandung menjulukinya dengan nama lain yaitu bandros.

Eits, tapi jangan salah! Walaupun keduanya sama-sama memiliki bentuk yang hampir mirip dan sama-sama menggunakan bahan kelapa, kue pancong dan kue bandros merupakan jenis kue yang berbeda, yang tidak hanya dilihat dari asal daerahnya tetapi juga bahan yang digunakan.

Baca juga: INI RUMAH MAKAN SUNDA DI BANDUNG TERBAIK!

Bahan dasar dari kue bandros adalah tepung beras yang dicampur dengan parutan kelapa muda, santan, dan a pinch of salt. Saat disajikan pada umumnya kue ini dihidangkan dengan taburan gula halus sebagai topping. Tapi dengan semakin berkembangnya inovasi kuliner Bandung, jenis topping yang digunakan untuk kue bandros ini pun semakin beragam, mulai dari keju hingga butiran meises coklat.

Makanan di Bandung Ini Wajib Anda Coba, B’Timers | Breaktime
Tertarik untuk mencoba makanan di Bandung ini?
  • Kenyalnya Aci Digemul

Mungkin beberapa dari Anda kurang merasa familiar dengan nama makanan satu ini, tapi Anda pasti mengenal jajanan cimol, bukan? Yup, nama cimol merupakan kependekan dari kata aci digemul, yang berarti tepung kanji. Cimol memang berbahan dasarkan tepung kanji yang dibentuk menjadi bulatan-bulatan dan digoreng.

Cimol Bandung pada umumnya disajikan dengan taburan bumbu rempah-rempah yang juga pada umumnya ditemukan pada hidangan basreng. Makanan ringan ini pada umumnya disuguhkan sebagai teman bersantai sembari menyeruput secangkir kopi atau teh. Yum, lezat!

Makanan di Bandung Ini Wajib Anda Coba, B’Timers | Breaktime
Hmmm, segarnya rujak makanan di Bandung ini!
  • Segarnya Rujak Khas Bandung

Nah, bagi Anda penggemar rujak jangan sampai Anda berkunjung ke kota Bandung dan tidak mencicipi rujak khas Bandung, yaitu rujak cuka. Mungkin jika Anda pertama kali mendengar nama dari makanan ini Anda akan mengernyitkan kening. Yap, cara pembuatan dan penyajian rujak ini jauh berbeda dibandingkan dengan kerabat rujak yang lain seperti rujak cingur dan rujak manis.

Baca juga: DERETAN TEMPAT MAKAN DI BANDUNG YANG INSTAGRAMABLE, TERTARIK?

Dibandingkan dengan hidangan rujak, rujak cuka ini memang lebih condong kemiripannya dengan asinan Jakarta dan asinan Bogor. Isi dari rujak cuka pada umumnya terdiri atas campuran sayuran dan buahan yang dibubuhi dengan bumbu rempah rujak, and as a final touch, ditambahkanlah cuka. As a result, rasa dari rujak ini adalah campuran antara rasa asam, pedas, dan manis. Dan yang pasti sih kerenyahan dan kesegaran dari campuran buah dan sayuran di dalam rujak ini akan membuat Anda ketagihan.

Makanan di Bandung Ini Wajib Anda Coba, B’Timers | Breaktime
Berani mencoba makanan di Bandung ini, B’Timers?
  • Uniknya Rasa Tutut

Ingin mencoba hidangan kuliner khas Bandung yang sedikit ekstrim? Coba deh menyantap hidangan tutut. Tutut adalah makanan yang dibuat dari sejenis mollusca yaitu keong yang pada umumnya ditemukan di perairan dangkal dan bersih, seperti rawa, sawah, pinggiran danau, dan daerah perairan jernih yang lain. Hidangan kaya akan protein ini umumnya dimasak dengan menggunakan bumbu yang pedas.

Baca juga: MENELUSURI 5 TEMPAT HITS BANDUNG YANG MENGGODA

Dan jangan khawatir dengan bau amis dari hidangan siput ini, karena proses pengolahan tutut menggunakan banyak sekali daun salam dan daun sereh sehingga naturally bau amis dari keong tutut ini akan menghilang dan digantikan dengan bau rempah-rempah yang menggugah selera.

Nah, jangan sampai lupa untuk mencicipi makanan di Bandung ini selama liburan panjang Anda di sana ya, B’Timers. (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE