Daftar Kuliner Ekstrem Asli Indonesia Bikin Bergidik
4 Kuliner Ekstrem Asli Indonesia yang Bikin Bergidik
28.08.2015

Umumnya, makanan dibuat dari bahan edible dengan rasa yang mudah diterima lidah dan gampang menyantapnya. Plus, sedap dipandang saat kita akan memakannya. Tetapi, kali ini bukan sajian seperti itu yang akan kita bahas, B’timers, melainkan kuliner ekstrem dengan bahan dasar daging hewan yang dijamin bikin bergidik. Nah, berasal dari berbagai daerah di Indonesia, kuliner ekstrem ini pasti bikin kita berpikir dua kali untuk menyantapnya. Apa saja?

Sago maggot

Daftar Kuliner Ekstrem Asli Indonesia Bikin Bergidik
Tempayak yang menjadi makanan favorit

Berasal dari daerah Papua, makanan yang satu ini sangat ekstrem dan mungkin bisa dibilang “menjijikkan”. Populer di Timika, tempayak atau belatung jenis ini banyak ditemukan di dalam batang pohon. Menu satu ini bisa dimakan mentah atau terkadang diolah terlebih dahulu.

Cacing nyale

Daftar Kuliner Ekstrem Asli Indonesia Bikin Bergidik
Kuliner cacing khas Lombok

Lombok tak hanya dikenal karena keindahan alamnya, namun juga tradisinya. Salah satunya adalah upacara bau nyale, yang berarti “menangkap cacing laut”. Cacing laut atau biasa disebut nyale ini dikonsumsi karena khasiat kesehatannya yang dipercaya bisa membuat panjang umur.

Belalang goreng

Daftar Kuliner Ekstrem Asli Indonesia Bikin Bergidik
Belalang goreng yang gurih dan kress

Di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta, belalang menjadi santapan populer, lho. Biasa diolah dengan cara digoreng, belalang merupakan salah satu snack favorit di sana. Belalang diyakini sebagai sumber vitamin A dan protein yang sangat baik untuk kesehatan.

Sate ulat bulu

Daftar Kuliner Ekstrem Asli Indonesia Bikin Bergidik
Sate ulat bulu khas Purworejo

Menu satu ini berasal dari Purworejo, Jawa Tengah. Warga banyak yang menggemari menu satu ini karena dipercaya memiliki nutrisi tertentu yang dapat menyembuhkan sakit gigi. Jenis ulat bulu yang dikonsumsi pun tidak sembarangan.  Hanya ulat bulu dari famili Lyman Tridae dan ulat pohon turi saja yang dipilih untuk dikonsumsi.

Itulah empat kuliner ekstrem a la Indonesia yang sepertinya menantang, ya? B’timers berminat mencicipi semuanya? Brace yourself!

Share This Article