4 Kreasi Sehat dan Lezat Olahan Susu Kedelai | Breaktime
4 Kreasi Sehat dan Lezat Olahan Susu Kedelai
24.04.2016

Untuk B’timers yang sedang diet, susu kedelai pasti sering Anda masukkan ke dalam daftar makanan sehat dalam diet plan. Karena itu, Anda pun melakukan berbagai cara mengolah atau olahan susu kedelai agar tidak bosan ketika meminumnya. Namun di luar itu, kenapa sih, susu kedelai dianggap sangat baik untuk membantu menurunkan dan menjaga berat badan agar tetap ideal?

Perlu Anda ketahui, susu kedelai adalah minuman yang mengandung kalori dan lemak sangat rendah. Dalam 100 gram susu kedelai hanya mengandung 54 kalori saja. Kandungan proteinnya pun cukup tinggi yaitu 3,3 miligram di setiap 100 gramnya. Karena terbuat dari kedelai, susu ini mengandung 0 kolesterol, lho! Kandungan lainnya yang terdapat dalam susu kedelai adalah seperti vitamin A, kalsium, vitamin D, vitamin B12, Vitamin C, Zat besi, Vitamin B16 dan magnesium.

4 Kreasi Sehat dan Lezat Olahan Susu Kedelai | Breaktime
Kedelai mengandung banyak nutrisi

Nah, jika Anda ingin mencari olahan susu kedelai agar semakin semangat mengonsumsinya, simak tips mengolah susu kedelai di bawah ini, ya. Langsung saja, yuk!

Susu kedelai tawar

Untuk membuat susu kedelai tawar ini cukup mudah kok, B’timers. Yang perlu Anda siapkan adalah 250 gram biji kedelai. Untuk membuatnya, rendam biji kedelai tersebut ke dalam air semalaman. Setelah ditiriskan, haluskan kedelai menggunakan blender hingga hancur dengan menambahkan 1 liter air panas. Terakhir, saring susu kedelai dengan kain bersih atau saringan yang benar-benar halus. Susu kedelai tawar siap dinikmati.

Susu kedelai jahe

Untuk membuat cita rasa jahe, Anda tinggal merebus 1 liter susu kedelai yang Anda buat tadi dengan mencampurkan 4 cm jahe yang dimemarkan. Tambahkan juga 130 gram gula putih atau gula batu dan juga daun pandan agar aromanya semakin wangi.

Es cincau susu kedelai

Es cincau belakang ini kembali naik daun di kalangan pecinta kuliner manis. Nah, Anda juga bisa memasukkannya ke dalam susu kedelai. Caranya potong cincau hitam ukuran dadu, siram dengan rebusan susu kedelai yang telah ditambah gula merah. Sajikan dengan es batu untuk menambah kesegaran.

4 Kreasi Sehat dan Lezat Olahan Susu Kedelai | Breaktime
Segarnya cincau dan es batu!

Susu kedelai cokelat rempah

Rempah juga bisa digunakan untuk membuat varian minuman bergizi tinggi ini. Ditambah cokelat akan semakin sempurna rasanya. Caranya, rebus susu kedelai tawar dan tambahkan gula, pasta vanili, kayu manis, pala dan dark chocolate. Aduk hingga cokelat dan gula larut. Susu kedelai cokelat rempah sebagai olahan susu kedelai siap untuk dihidangkan. (nap)

Share This Article