Korean Food yang Pas Lidah Orang Indonesia | Breaktime
4 Korean Food yang Pas untuk Lidah Orang Indonesia
25.04.2015

Kalau sering nonton drama Korea, B’timers pasti sudah tak asing lagi dengan berbagai makanan asal Negeri Ginseng ini. Nah, buat Anda yang baru pertama kali mencicipi hidangan Korea, sebaiknya pilih 4 menu ini karena rasanya lebih cocok dengan lidah orang Indonesia. Here we go! 

Ramyun

Semangkuk ramyun enak disantap saat masih hangat
Semangkuk ramyun enak disantap saat masih hangat

Jika Indonesia memiliki berbagai macam mie instan, ramyun adalah versi Koreanya. Sama dengan mie instan di Indonesia, ramyun juga bisa diolah secara langsung atau ditambah berbagai bahan seperti halnya sayuran, telur, ayam, dan juga sosis. Bedanya dengan mie instan Indonesia terletak pada kuah, rasa, dan tekstur mienya. Ramyun memiliki kuah pedas yang kental dengan mie berukuran lebih besar dan bertekstur kenyal. 

Bibimbap

Hidangan Korea yang lengkap dengan berbagai sayuran, bibimbap
Hidangan Korea yang lengkap dengan berbagai sayuran, bibimbap

Bibimbap atau nasi campur adalah salah satu makanan  yang pas untuk lidah orang Indonesia. Sebab, hidangan satu ini terbuat dari perpaduan nasi putih dengan beragam lauk, sayuran, serta serta saus pedas. Bahan-bahan bibimbap ditata dengan cantik dalam sebuah mangkok tanah liat. Sebelum dikonsumsi, bibimbap dipanaskan terlebih dahulu untuk dinikmati selagi hangat.

Bulgogi

Bagi pecinta daging, Bulgogi wajib dicoba
Bagi pecinta daging, Bulgogi wajib dicoba

Makanan khas Korea ini terbuat dari lembaran daging tipis yang dibumbui dengan campuran kecap, gula, minyak wijen, lada, bawang putih, dan juga jahe kemudian dipanggang atau ditumis dalam pan. Bulgogi bisa disantap dengan nasi putih hangat, dapat pula dimakan dengan cara dibungkus selada segar. 

Jjajangmyeon atau chajangmyeon

Mie hitam khas Korea yang nikmat disantap saat cuaca dingin
Mie hitam khas Korea yang nikmat disantap saat cuaca dingin

Hidangan khas Korea ini terdiri dari mie yang telah dicampur saus kedelai hitam dan dihidangkan dengan berbagai sayuran, potongan daging, atau seafoods. Jjajangmyeoun biasanya disajikan dengan acar lobak dan saus kedelai hitam yang dihidangkan panas-panas di atas mie. Pas sekali disantap saat udara dingin!

Sekarang sudah banyak lho, café maupun resto yang menjadikan makanan Korea sebagai menu utamanya. Jadi, B’timers tak perlu jauh-jauh ke Korea untuk mencicipi keempat hidangan ini.

Share This Article