Daftar Kopi Asli Indonesia Terkenal Di Penjuru Dunia | Breaktime
4 Kopi asli Indonesia yang Terkenal Sampai Penjuru Dunia
29.07.2015

Apabila Jepang terkenal dengan ragam teh-nya, Indonesia terkenal dengan banyaknya jenis kopi yang dihasilkan. Namun dari sedemikian banyaknya jenis kopi made in Indonesia, hanya beberapa di antaranya yang berhasil menerobos jajaran kopi terenak, berkualitas, dan termahal di dunia.

Penasaran dengan jenis kopi asli Indonesia yang sudah namanya sudah tersohor di seluruh penjuru dunia? Berikut daftarnya!

Kopi Wamena

Daftar Kopi Asli Indonesia Terkenal Di Penjuru Dunia
Sekilas, biji kopinya terlihat mirip kacang tanah yang digoreng

Bagi sebagian orang yang suka meminum kopi, tentunya tidak asing dengan jenia kopi asal perkebunan di tanah Papua satu ini. Kopi Wamena merupakan salah satu kopi dengan kadar kafein rendah yang miliki rasa manis dan berkualitas tinggi. Bahkan, banyak pecinta kopi dari negara-negara lain yang menyamakan kopi Wamena dengan kopi Jamaican Blue Mountain dan memasukkannya dalam deretan kopi premium.

Baca Juga : 3 JAWARA PENGHASIL BIJI KOPI TERBESAR DI DUNIA!

Kopi Aceh Gayo

Daftar Kopi Asli Indonesia Terkenal Di Penjuru Dunia
Warna biji kopinya tidak terlalu hitam pekat seperti kopi-kopi lainnya

Kopi yang berasal dari daratan Sumatera satu ini memiliki karakteristik aroma campuran antara kakao, tembakau dan tanah liat. Memang di Sumatera tidak hanya kopi Gayo yang terkenal, karena ada kopi Mandailing dan Lintong. Namun, kualitas kopi Gayo lebih terkenal di dunia karena kelembutannya melebihi jenis lainnya.

Kopi Toraja

Daftar Kopi Asli Indonesia Terkenal Di Penjuru Dunia
Cita rasa kopi Toraja sangat khas dan berbeda dari jenis kopi lainnya

Karena menggunakan nama Toraja, tentu saja kopi ini berasal dari Tana Toraja, tepatnya di sekitaran daerah Kalosi, Sulawesi. Dari cita rasa dan kualitasnya, kopi Toraja sedikit sama dengan kopi-kopi dari Sumatera. Sayangnya, sekarang ini kopi Toraja sudah dipatenkan oleh perusahaan asal Jepang dan Amerika Serikat sehingga untuk pemesanan lintas negara, harus melalui perusahaan-perusahaan tersebut.

Kopi Luwak

Daftar Kopi Asli Indonesia Terkenal Di Penjuru Dunia
Proses perolehan bijinya diambil dari 'seleksi' luwak

Kopi Luwak adalah salah satu jenis kopi termahal di seluruh dunia, bahkan menduduki urutan ke dua kopi paling mahal di bawah kopi Hacienda La Esmeralda dari Panama. Jenis kopi satu ini menjadi sangat mahal bukan karena permainan tengkulak atau juga penjual, karena memang kualitas dan juga cara produksinya yang dibilang tak lazim. Sayangnya, sekarang ini banyak kopi Luwak yang beredar di pasaran sudah dicampur dengan beberapa jenis kopi lain dan ditambah cita rasa sintetis agar mirip aslinya.

Anda yang tidak terlalu menyukai kopi, mungkin akan menganggap semua jenis kopi adalah sama. Namun bagi para peminat dan pecinta kopi, setiap jenisnya memiliki cita rasa dan aroma berbeda yang tak bisa tergantikan.

Share This Article