Kiat Bikin Roti Tawar Lebih “Panjang Umur” | Breaktime
4 Kiat Bikin Roti Tawar Lebih “Panjang Umur”
19.04.2015

Selain penyajiannya yang simple, roti tawar juga bisa diolah menjadi makanan lain yang sangat variatif, seperti cake atau puding. Tak heran, roti tawar selalu jadi camilan favorit yang harus selalu tersedia di rumah.

Tapi sayangnya, roti tawar tergolong makanan yang mudah basi. Hanya dalam hitungan hari, Anda akan menemukan bercak berwarna kehijauan di permukaannya. Kalau sudah begini, roti tawar pun jadi terpaksa dibuang tak tak bisa dinikmati. 

Kalau Anda sering mengalami hal ini, yuk coba simak kiat menarik dari Breaktime supaya roti lebih tahan lama!

Agar roti agar tak cepat basi, ada trik-trik yang bisa Anda lakukan
Agar roti agar tak cepat basi, ada trik-trik yang bisa Anda lakukan

Bungkus roti dengan plastik atau aluminium foil

Membungkus roti akan melindungi kelembapan alaminya dan mencegahnya agar tidak mudah mengeras. Jangan lupa tutup rapat bungkusnya jika masih ada roti yang tersisa setelah Anda menyantapnya

Simpan roti di tempat kering dan sejuk

Jauhkan roti dari paparan sinar matahari langsung dan simpan di tempat yang kering serta sejuk, seperti di pantry atau kotak khusus untuk roti. Jika rumah Anda lembab, roti akan cenderung lebih cepat berjamur ketika disimpan dengan suhu ruangan. 

Jangan simpan roti dalam lemari es

Jika disimpan di lemari es, roti justru akan berjamur 3 kali lebih cepat daripada roti yang disimpan dengan suhu ruangan. Sebab, saat disimpan dalam lemari es roti akan mengembun dan kelembapan inilah yang memicu jamur muncul lebih cepat.

Bekukan roti yang masih tersisa

Kalau mau roti lebih awet, masukkan ke dalam wadah kedap udara lalu simpan di dalam freezer. Roti yang sudah dibekukan cenderung lebih awet dan tidak mudah berjamur. Akan tetapi, saat akan menyantapnya Anda harus memanggangnya terlebih dahulu supaya teksturnya kembali empuk.

Tapi tentu saja cara ini tak berlaku untuk roti yang sudah melewati tanggal kadaluarsa ya, B’timers. Jika sudah expired, tentu roti harus segera dibuang supaya tidak menimbulkan gangguan kesehatan untuk Anda dan keluarga!

Share This Article