Jurus Membuat Burger Super Tasty dan Juicy | Breaktime
4 Jurus Jitu Membuat Burger Super Tasty dan Juicy
19.05.2015

Kalau beli di restoran, selalu saja burger memiliki rasa yang tasty dan juicy, sedangkan membuat sendiri terasa hambar seringkali alot? Tidak perlu khawatir lagi ya B’timers, kali ini Breaktime akan memberikan empat jurus jitu membuat burger yang sangat lezat dan juga empuk ala restoran!

Pilih daging segar 

Pilih daging segar berkualitas unggulan kemudian digilling
Pilih daging segar berkualitas unggulan kemudian digilling

Kunci untuk membuat burger yang lezat terdapat pada kesegaran dan kualitas daging yang dipilih. Jadi, belilah daging dan langsung minta penjual untuk menggilingnya. Jika tidak ada gilingan, mintalah untuk mencincang kasar beberapa bagian seperti halnya sirloin, brisket, dan juga short rib. Untuk membuat burger yang nikmat sebaiknya hindari membeli daging sapi di supermarket karena kesegarannya diragukan. 

Bentuk daging jadi bola pipih

Lalu bentuk daging giling menjadi bola pipih
Lalu bentuk daging giling menjadi bola pipih

Selain memilih daging segar dan berkualitas, langkah selanjutnya dengan membentuk patty menjadi bola-bola dengan berat sekitar 250 gram, lalu pipihkan dengan lebar 10 cm. Usahakan untuk tetap memberikan kantung udara agar dihasilkan burger yang juicy serta lembut. Kemudian, buatlah cekungan pada salah satu sisi paty dengan menggunakan ibu jari. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya penggembungan pada patty sewaktu dimasak. Berikan bumbu garam dan merica secukupnya.

Panggang patty

Langkah selanjutnya memanggang patty
Langkah selanjutnya memanggang patty

Olesi panggangan dengan vegetable oil lalu panaskan dengan menggunakan api yang sedang. Ketika pan sudah mulai mengeluarkan asap, taruh patty di atasnya. Letakkan bagian yang memiliki cekungan menghadap ke atas. Masak selama kurang lebih 3 menit, kemudian sisi satunya hingga mencapai suhu 45 C. Setelah mencapai suhu yang diinginkan, angkat lalu susun dengan bahan lainnya.

Susun burger

Susun bahan-bahan pembuatnya secara berurutan
Susun bahan-bahan pembuatnya secara berurutan

Susun roti bun, daun selada, bawang bombay, tomat, patty, keju, dan topping sesuai selera secara berurutan dan jangan lupa untuk memberi saus. Kemudian tutup dengan roti bun pada bagian paling atas. Untuk menambah cita rasa kelezatan, tempatkan lembaran keju di atas patty kemudian panggang di oven dengan suhu 52 hingga 57 derajat C. 

Itulah 4 jurus jitu yang bisa B’timers gunakan untuk menghasilkan citarasa burger yang memiliki tekstur juicy dan super tasty. Sangat mudah sekali untuk diterapkan ya, selamat mencoba! 

Share This Article

Tagging: