Fermented Foods yang Bersahabat dengan Perut | Breaktime
4 Fermented Foods yang Bersahabat dengan Perut
07.04.2015

Tak cuma menghasilkan rasa yang unik, makanan hasil fermentasi juga memberikan manfaat yang tak main-main, terutama bagi pencernaan. Nah, kali ini Breaktime akan memberikan rekomendasi fermented foods yang lezat sekaligus bersahabat untuk perut. Yuk, simak!

Tempe 

: Digoreng, dikukus, ditumis, tempe sangat mudah diolah
: Digoreng, dikukus, ditumis, tempe sangat mudah diolah

Makanan khas Indonesia ini menjadi salah satu hasil fermentasi yang memiliki nutrisi tinggi. Tempe terbuat dari kedelai yang difermentasikan secara alami, membuat makanan satu ini menjadi sumber probiotik yang banyak digemari. Selain mengandung probitik baik, tempe juga memiliki asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh.

Yogurt 

Segar dan menyehatkan
Segar dan menyehatkan

Bukan rahasia lagi jika yogurt merupakan salah satu kudapan yang kaya akan bakteri probiotik sehingga baik untuk melancarkan pencernaan. Yogurt juga kaya akan protein dan kalsium yang sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan kekuatan tulang. Bisa dikonsumsi langsung, dapat juga diolah bersama dengan aneka buah segar seperti stroberi dan anggur sebagai dessert.

Kefir

Rasanya mirip yogurt, sama baiknya untuk pencernaan
Rasanya mirip yogurt, sama baiknya untuk pencernaan

Kefir merupakan minuman hasil fermentasi susu seperti halnya yogurt. Bedanya, kefir memiliki kandungan probiotik yang jauh lebih tinggi karena melewati proses fermentasi dengan 10 hingga 20 tipe ragi berbeda. Terbayang kan, betapa banyak manfaat yang bisa B’timers peroleh dengan mengonsumsinya?

Kimchi 

Proses pembuatan kimchi bisa memakan waktu berbulan-bulan
Proses pembuatan kimchi bisa memakan waktu berbulan-bulan

Kimchi merupakan olahan sayur yang diberi bumbu pedas dan asam, lalu difermentasikan hingga beberapa bulan. Seperti halnya fermented foods lainnya, kimchi juga sangat baik untuk pencernaan sekaligus kaya akan serat.

Keempat makanan tersebut bisa diolah menjadi aneka kreasi menu yang menggiurkan sekaligus menyehatkan. Mulai hari ini, biasakan menyertakan fermented foods dalam menu harian Anda ya, B’timers!

Share This Article