4 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Tradisional | Breaktime
4 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Tradisional
16.07.2017

Seiring dengan bertambahnya usia, B’Timers sangat perlu untuk lebih memperhatikan kesehatan Anda. Selain tekanan darah, Anda juga perlu mengawasi kadar kolesterol Anda. Sama seperti hipertensi, penderita kolesterol tinggi sangat jarang menunjukkan gejala-gejala kesehatan hingga pada akhirnya komplikasi sudah terlanjur terjadi. Dan jangan coba-coba meremehkan penyakit yang disebabkan oleh si lemak jahat ini, B’Timers. Serangan jantung hingga stroke akan selalu mengintai Anda, tapi untungnya penyakit tersebut masih bisa dihindari. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan sekaligus mengatur kadar kolesterol, salah satunya adalah dengan mencoba solusi tradisional. Penasaran? Yuk simak tips dan cara menurunkan kolesterol secara tradisional berikut ini.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Makanan untuk Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

B’Timers, mungkin Anda sama sekali tidak menyangka kalau ternyata bawang putih dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol secara tradisional. Bawang putih memiliki glukosinates, satu senyawa yang ketika memasuki tubuh Anda maka zat tersebut akan meningkatkan produksi kolesterol sehat (HDL), dan di saat yang sama membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Otomatis, bawang putih juga dapat membantu melarutkan dan mencegah pembentukan plak-plak kolesterol di dalam pembuluh darah, sehingga mencegah penyempitan pembuluh darah. Bawang putih juga membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah penggumpalan darah. 

4 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Tradisional | Breaktime
Salah satu cara menurunkan kolesterol secara tradisional

Dan untuk meraup semua keuntungan dari rempah-rempah penyedap rasa ini, sangat dianjurkan bagi Anda untuk menyantap beberapa siung bawang putih setiap hari. Aroma bawang putih yang tajam mungkin cukup membuat Anda jengah, tapi percayalah, it’s totally worth it!

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Makanan Ajaib Mampu Menurunkan Kolesterol Tinggi

Atau jika Anda benar-benar tidak kuasa untuk menjadikan bawang putih sebagai camilan harian Anda, B’Timers bisa mencari makanan alternatif lain yang memiliki khasiat yang sama kuatnya dalam membasmi kolesterol tinggi. Caranya adalah dengan mengganti sarapan pagi Anda dari nasi menjadi gandum utuh, alias oatmeals. Bahan makanan ini memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan dapat membantu melancarkan pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Tak hanya itu, serat larut alias beta-glucan di dalam oatmeals juga dapat membantu melapisi usus dan membatasi penyerapan kolesterol.

Oatmeals jika dikonsumsi begitu saja dengan air mungkin akan terasa hambar, tapi Anda dapat dengan mudah mengkreasikan sarapan oatmeals Anda dengan mencampurkan sedikit madu, susu rendah lemak, dan irisan buah-buahan segar.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ada 5 Makanan Ajaib Ampuh Menurunkan Kolesterol

Teh hijau sudah lama menjadi minuman favorit bagi bangsa Asia Timur, dan itu bukan karena tanpa alasan. Teh hijau tidak hanya memiliki kadar antioksidan yang sangat tinggi yang dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan membantu mencegah perkembangan sel-sel kanker, tapi juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam darah. Menurut sebuah meta-analisa dari 14 penelitian yang dirilis oleh The American Journal of Clinical Nutrition, teh hijau mampu mengurangi kadar kolesterol jahat secara cukup signifikan yaitu sebanyak 7.20 mg/dL dan 2.19 mg/dL. Tapi, harap diingat bahwa teh hijau juga mengandung kafein. Jadi cukup konsumsi teh hijau sewajarnya saja, B’Timers.

Coklat hitam memang memiliki rasa yang sangat pahit dan tidak semua orang menyukainya. Tapi ternyata coklat hitam memiliki khasiat yang luar biasa dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, lho. Thanks to flavonoid, zat antioksidan di dalam coklat hitam yang dapat membantu mendongkrak kadar kolesterol HDL hingga mencapai 24%. Anda dapat mengkonsumsi coklat pahit ini dalam bentuk coklat batangan atau dalam bentuk serbuk. Jika Anda memilih coklat batangan maka pilihlah yang benar-benar coklat asli tanpa tambahan gula atau susu. Begitu juga jika Anda memilih minuman coklat bubuk, jangan mencampurkan gula atau susu ke dalamnya, ya.

Sudahkah Anda mencoba tips menurunkan kolesterol secara tradisional di atas? (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE