4 Bumbu Dasar yang Bikin Masak Tak Perlu Ribet | Breaktime
4 Bumbu Dasar yang Bikin Masak Tak Perlu Ribet
05.01.2016

Anda doyan memasak tapi tak pernah melakukannya karena dihajar kesibukan? Bisa jadi meracik bumbu-bumbu dasar seperti harus mengupas bawang setiap saat, membuang biji cabai, serta bumbu rempah lainnya takes so many times yang akhirnya bikin B’timers enggan memasak.

Padahal, bila Anda mengenali empat bumbu dasar dan mengawetkannya di dalam kulkas, proses memasak makanan sehat bisa jadi hal yang super mudah dan praktis, lho. Nah, yuk kenalan dengan empat bumbu dasar yang wajib jadi sahabat Anda saat memasak:

Bumbu dasar putih

4 Bumbu Dasar yang Bikin Masak Tak Perlu Ribet | Breaktime
Cocok untuk bumbu rawon, semur, tumis, dan lainnya

Bagi Anda yang ingin membuat menu makanan seperti rawon, semur, ataupun berbagai jenis tumis, keberadaan bumbu putih sangat dibutuhkan. Umumnya, bumbu ini terbuat dari bawang merah, bawang putih, kemiri,, lengkuas, garam, gula pasir, serta minyak goreng. Semua bahan-bahan tersebut di-blender hingga halus, kemudian ditumis dalam minyak panas. Dinginkan dan simpan dalam wadah kedap udara di dalam kulkas.

Bumbu dasar merah

4 Bumbu Dasar yang Bikin Masak Tak Perlu Ribet | Breaktime
Cocok untuk nasi goreng maupun sambel goreng

Bersyukurlah bagi Anda yang gemar menyantap menu nasi goreng sehat sebagai sarapan. Pasalnya, Anda tak perlu sibuk memotong cabai ataupun bawang di pagi hari. Yap, B’timers bisa membuatnya dengan mudah melalui campuran cabai merah yang sudah dibuang bijinya, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi, gula pasir, garam, dan minyak goreng.

Blender semua bahan tersebut jadi satu dan tumis hingga kental. Biarkan dingin dan masukkan dalam toples kedap udara dan simpan dalam lemari es. Nah, kapanpun Anda ingin membuat nasi goreng atau sambal goreng, tinggal tuang bumbu secukupnya ke dalam penggorengan!

Bumbu kuning

4 Bumbu Dasar yang Bikin Masak Tak Perlu Ribet | Breaktime
Cocok untuk soto, mie goreng, ayam goreng, dan lainnya

B’timers penggemar makanan berkuah seperti soto atau makanan gurih seperti mie ataupun ayam goreng? Wah, jangan sampai melewatkan untuk meracik bumbu kuning, ya! Siapkan saja kemiri, bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, lengkuas, lada bubuk, garam, gula pasir, dan minyak goreng.

Sama seperti membuat dua bumbu sebelumnya, cuci bersih semua bahan dan blender hingga halus. Setelah itu tumis hingga kadar air bumbu berkurang. Dinginkan dan masukkan ke dalam wadah kedap udara.

Bumbu dasar oranye

4 Bumbu Dasar yang Bikin Masak Tak Perlu Ribet | Breaktime
Cocok untuk gulai, rendang, dan makanan bersantan lainnya

Siapa yang sanggup menahan diri dari aroma masakan Padang yang setia memanggil-manggil atau aroma gulai kambing yang begitu nendang? Nah, Anda juga bisa membuatnya sendiri sewaktu-waktu dengan mengandalkan bumbu dasar oranye.

Bumbu ini terbuat dari paduan cabai merah yang dibuang bijinya, jinten, adas manis bubuk ketumbar bubuk, kemiri, bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, lengkuas, lada bubuk, garam, gula, dan minyak goreng.

Cuci bersih semua bahan dan blender hingga halus. Setelah itu tumis hingga bumbu mengental, dinginkan, simpan dalam wadah dan letakkan dalam lemari pendingin.

Dengan mengenal empat bumbu dasar tersebut, kini B’timers bisa membuat berbagai menu olahan lezat nan sehat dengan cara cepat. Takut ribet saat di dapur? No more! (vsc)

Share This Article