Bahan ini Butuh ‘Perlakuan’ Khusus Saat Dimasak | Breaktime
4 Bahan yang Butuh ‘Perlakuan’ Khusus Saat Dimasak
29.11.2015

B'timers saat ini sedang belajar memasak? Sangat menyenangkan bukan, bisa membuat sesuatu yang lezat di dapur sendiri? Namun, B'timers harus berhati-hati pada beberapa bahan masakan. Ada beberapa bahan yang memerlukan cara khusus agar bisa diolah menjadi sajian lezat, seperti berikut ini:

1. Singkong

Bahan ini Butuh ‘Perlakuan’ Khusus Saat Dimasak | Breaktime
Salah satu bahan makanan pengganti nasi yang terkenal di Indonesia

Singkong adalah salah satu makanan yang terkenal di tanah air. Tekstur dari singkong mentah cukup keras. Tak banyak yang tahu bahwa singkong mengandung racun bernama asam sianida atau disebut juga asam biru HCN. Untuk menghilangkannya cukup mudah, cukup direndam selama 3 hari atau apabila ingin lebih mudah, kukuslah selama 30 menit.

2. Daging sapi

Bahan ini Butuh ‘Perlakuan’ Khusus Saat Dimasak | Breaktime
Umumnya daging sapi yang memiliki tekstur cukup keras

Serat daging memiliki tekstur yang bisa dikatakan cukup alot B'timers. Selain menyulitkan untuk dikonsumsi, daging yang masih cukup keras ini juga sulit menyerap bumbu. Agar tekstur berubah menjadi lebih empuk, sebelum diolah daging dimasukkan ke dalam daun pepaya dan diamkan selama 30 menit.

3. Daun pepaya

Bahan ini Butuh ‘Perlakuan’ Khusus Saat Dimasak | Breaktime
Meskipun rasanya pahit, daun pepaya sangat lezat ketika sudah diolah

Daun pepaya memiliki rasa yang pahit, namun apabila sudah diolah rasanya menjadi lebih lezat serta memiliki ciri khas. Bagi B'timers yang hendak membuat daun pepaya menjadi sayur, untuk menghilangkan rasa pahitnya cukup mudah, kok. Cukup meremas daun pepaya sampai getahnya keluar di bawah air yang mengalir. Setelah layu dan getahnya terbuang, daun pepaya siap diolah.

4. Daun singkong

Bahan ini Butuh ‘Perlakuan’ Khusus Saat Dimasak | Breaktime
Daun singkong juga memiliki racun yang sama seperti umbinya

Hampir sama seperti daun pepaya, daun singkong juga memiliki rasa yang pahit dan juga beracun seperti singong itu sendiri. Racun HCN pada daun singkong juga tidak kalah banyak seperti yang ada pada umbinya, namun cara menghilangkannya pun cukup mudah. Cukup diremas selama 5-10 menit di bawah air yang mengalir dan kemudian direbus, maka daun singkong akan aman disantap.

Bagaimana B’timers, siap menciptakan aneka hidangan lezat dengan bahan-bahan tersebut? (wsu)

Share This Article