3 Tips Mudah Menghilangkan Warna Kunyit | Breaktime
3 Tips Mudah Menghilangkan Warna Kunyit
30.12.2015

B'timers lagi belajar memasak? Sudah menggunakan bahan apa saja B'timers? Tentunya sangat mengasyikan bukan, bisa mencoba beragam bumbu untuk memasak banyak masakan. Apalagi Anda bisa berinovasi di dapur Anda, akan lebih istimewa lagi hasil yang didapat nantinya.

Namun, tidak semua bahan bisa Anda mengerti sifat-sifatnya. Seperti contoh tekstur daging yang keras. Anda harus terlebih dahulu melembutkannya dengan bantuan daun pepaya agar ketika dikonsumsi tidak membuat sakit gigi. Tapi, berbeda lagi dengan bahan makanan khusus seperti kunyit. Warnanya yang kuat bisa bertahan lama di manapun. Untuk menghilangkannya, berikut beberapa tipsnya :

Menghilangkan noda kunyit di tangan

Noda pekat bekas dari mengiris kunyit di tangan bisa Anda hilangkan menggunakan minyak kayu, alkohol berkadar ringan, minyak zaitun, minyak jarak, atau parutan lengkuas. Gunakan salah satu dari beberapa bahan tersebut pada tangan yang terkena kunyit dengan cara menggosok-gosokkannya. Saat warnanya sudah pudar, cuci tangan menggunakan sabun. Kemudian bilas sampai bersih.

3 Tips Mudah Menghilangkan Warna Kunyit | Breaktime
Gosok hingga bersih

Menghilangkan noda kunyit di pakaian

Gunakan air kapur sirih, garam atau jeruk nipis untuk menghilangkannya. Pilih salah satu bahan tersebut lalu oleskan pada bagian yang terkena warna dari kunyit. Kucek dan bilas sampai warnanya pudar. Saat warnanya sudah pudar, bersihkan menggunakan air lalu cuci normal baju Anda.

Menghilangkan noda kunyit di blender

Gunakan pasta baking soda yang sudah dicampurkan dengan sedikit air. Gunakan larutan tersebut apabila bentuknya sudah menyerupai pasta gigi. Maka dari itu, jumpah airnya jangan terlalu banyak agar baking soda lebih kental. Setelah terbentuk, segera oleskan pada bagian blender yang terkena bercak kunyit.

Itulah beberapa cara mudah untuk mengusir noda bandel dari kunyit. Selamat mencoba, B'timers. (wsu)

Share This Article