3 Tips Jitu Sajian Lobster Siap Santap | Breaktime
3 Tips Jitu Sajian Lobster Siap Santap
15.08.2017

B’timers tentu sepakat dong kalau lobster merupakan salah satu bahan hidangan yang wah dan menggelitik lidah? Jika dimasak dengan benar, teksturnya akan terasa lembut bagaikan lumer di mulut. Sayangnya, berbagai resto ternama cenderung mematok harga yang tak murah untuk sepiring sajian lobster. Tak semua orang piawai mengolah lobster, sehingga seporsi lobster akan dijual dengan harga selangit. Apabila membeli lobster yang sudah mati di pasar, B’timers pasti khawatir citarasanya tak lagi segar. Apabila membeli lobster hidup-hidup, kira-kira bagaimana cara mengolahnya agar tak jadi disaster ya? Capitnya itu lho, siapa sih yang tak bakal ngeri melihatnya? Nah, kali ini Breaktime akan mengajak Anda mengulik tips and trick untuk mengolah lobster dengan 3 cara berbeda, yakni dikukus, direbus, dan dibakar.

Dikukus (Steaming

3 Tips Jitu Sajian Lobster Siap Santap | Breaktime
Salah satu memasak lobster ialah dengan cara dikukus (steaming)

Cara paling efisien untuk memasak lobster ialah dengan dikukus. Yang perlu Anda siapkan hanyalah panci berisi air mendidih setinggi kurang-lebih 5 cm di sebuah panci berukuran jumbo. Selanjutnya, masukkan lobster ke dalam panci lalu tutup dengan rapat. Apabila Anda mengukus lebih dari 1 ekor lobster, usahakan lobster-lobster tersebut tidak saling bertumpuk ya! Biarkan lobster dikukus hngga matang. Tahukah Anda jika waktu yang dibutuhkan untuk mengukus lobster tergantung pada ukuran dan beratnya? Bagi 450 gram pertama lobster akan dibutuhkan waktu mengukus sekitar 10 menit, lalu 2 menit ekstra bagi tiap 100 gram lobster yang selanjutnya. Artinya, untuk mengukus 650 gram lobster, B’timers akan membutuhkan waktu sekitar 14 menit.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bukan Masakan Udang, Tapi Harga Selangit!

Direbus (Boiling)

Sama seperti sebelumnya, yang Anda butuhkan ialah sebuah panci besar. Isi air hingga separuh, lalu tambahkan garam secukupnya. Masukkan lobster ke dalam panci setelah air dipanaskan hingga mendidih. Tutup panci dengan rapat dan rebus lobster hingga berwarna merah cerah. Lobster seberat setengah kilogram hingga 550 gram akan membutuhkan waktu selama 10 menit untuk direbus hingga matang. Sedangkan untuk lobster seberat 900 gram hingga 1 kilogram, B’timers akan membutuhkan waktu merebus selama 15 hingga 16 menit. Tiriskan lobster dan biarkan hingga agak dingin sebelum lobster siap disajikan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pernah Kepikiran Menggunakan Sendok Untuk Ini?

Dipanggang (Grilling)

Apabila Anda hendak menyajikan lobster dengan cara dibakar, jangan lupa untuk memasaknya terlebih dahulu ya! Caranya, masak lobster setengah matang dalam air mendidih selama 2 menit lalu tiriskan hingga agak dingin. Lepaskan capit dan ekor dari badan lobster. Sebelum dipanggang, belah capit dan ekor lobster hingga cangkang masih menempel dan daging lobster nampak. Letakkan di atas pemanggang yang telah panas dengan cangkang di bagian bawah, lalu panggang selama kurang-lebih 15 menit. Oleskan mentega atau olive oil di permukaan lobster sesuai selera.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pencinta Resto Padang pasti Tak Tahu Menu Ini

B’timers jangan lupa ya bahwa durasi tiap cara memasak harus benar-benar diperhatikan agar lobster menjadi matang sempurna. Mengkonsumsi lobster yang belum matang sepenuhnya akan berbahaya bagi kesehatan, sedangkan daging lobster yang terlalu matang akan terasa kenyal seperti karet sehingga susah dikunyah. Perhatikan bahwa daging lobster yang telah matang tidak lagi nampak transparan. Selamat bereksplorasi dengan sajian lobster ya, B’timers! (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE