Kumpulan Menu Diet Tasty untuk Kesehatan Ginjal Anda
3 Menu Diet Tasty untuk Kesehatan Ginjal Anda
30.08.2015

When it comes to kidney health,  B’timers harus benar-benar aware dengan jenis makanan sehat untuk dikonsumsi. Setidaknya, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Apa itu? Yuk, intip makanan spesial yang bagus bagi kesehatan ginjal B’timers dari Sara Colman, RD, CSR, CDE, seorang pakar diet ginjal dari Denver, Kolorado.

Kubis isi daging

Kumpulan Menu Diet Tasty untuk Kesehatan Ginjal Anda
Menu kubis gulung yang bersahabat dengan ginjal

Sayur kubis sangat kaya akan zat phytochemical, sebuah senyawa kimia yang mampu memecah radikal bebas sebelum melakukan kerusakan pada organ tubuh. Selain itu, kubis juga sangat tinggi akan vitamin K, C, B6, dan asam folat. Rendahnya kadar kalium dalam kubis menjadikan sayuran ini sangat cocok untuk diet ginjal.

Nah, B’timers bisa mengolahnya menjadi menu kubis isi daging. Menu ini terbuat dari kubis yang diisi nasi dan daging sapi cincang. Sensasi kelezatannya juga akan terasa begitu kuat dilidah karena adanya paduan bumbu bawang bombay, bawang putih, bawang merah, merica, dan saus tiram.

Baca juga: 4 KULINER EKSTREM ASLI INDONESIA YANG BIKIN BERGIDIK

Tumis bunga kol

Kumpulan Menu Diet Tasty untuk Kesehatan Ginjal Anda
Bunga kol mampu menetralkan zat beracun

Bunga kol juga merupakan sumber vitamin C, asam folat, dan serat yang bagus untuk memperbaiki kerja ginjal. Selain itu, sayur satu ini juga mengandung indoles, gluscosinolates, dan tiosianat, sebuah senyawa yang membantu hati untuk menetralkan zat-zat beracun yang dapat merusak membran sel dan DNA.

Rendahnya kadar natrium dan kalsium pada bunga kol menjadikannya sebagai menu sehat yang bagus untuk ginjal Anda. B’timers bisa mengolahnya menjadi tumis bunga kol dengan paduan bumbu bawang merah, bawang putih, cabai merah,daun bawang, tomat, gula, garam, dan sedikit merica.

Tumis ayam paprika

Kumpulan Menu Diet Tasty untuk Kesehatan Ginjal Anda
Sehatnya paprika berpadu dengan lezatnya daging ayam

Paprika merah memiliki kandungan potasium yang rendah sehingga sangat cocok sebagai menu diet ginjal. Selain itu, sayur satu ini juga diperkaya dengan kandungan vitamin C, A, dan B6. Kandungan serat dan asam folatnya pun tergolong tinggi.

Nah, Anda bisa mengolahnya menjadi tumis ayam paprika. Menu ini merupakan perpaduan dari dada ayam fillet, paprika merah, bawang bombay, dan bawang putih. B’timers juga bisa menambahkan merica bubuk dan lada hitam, serta sedikit perasan jeruk lemon untuk memperkuat cita rasa segarnya.

Bagaimana? Menu manakah yang akan segera B’timers konsumsi untuk menjaga kesehatan ginjal sekarang juga?

Share This Article