3 Masakan Sunda Ini Bikin Anda Ketagihan! | Breaktime
3 Masakan Sunda Ini Bikin Anda Ketagihan!
26.08.2017

Suku sunda, atau yang juga dikenal dengan Tatar Pasundan, adalah kelompok etnis lokal yang umumnya menempati area provinsi Jawa Barat. Hanya saja sekarang persebaran mereka mulai meluas hingga ke daerah provinsi lain di Indonesia. Masyarakat Sunda juga dikenal sebagai pribadi yang optimistis, periang, tapi tetap sopan.  Mereka juga punya pedoman hidup yang dinobatkan menjadi bagian dari karakter mereka sejak turun-temurun, lho. Yaitu cageur (sehat), bageur (baik), bener (benar), singer (mawas diri), wanter (berani), dan pinter (cerdas). Tak hanya memiliki akar kebudayaan yang unik dan luhur, tanah Sunda juga menyajikan berbagai macam masakan Sunda yang khas dan pastinya sangat lezat!

Dan dikarenakan mata pencaharian para penduduk Sunda yang mainly adalah petani, tak heran jika masakan Sunda ini juga punya karakteristik yang khas. Masakan khas Sunda umumnya selalu menyertakan lalapan atau sayuran mentah yang segar. Dan seperti kuliner di wilayah lain di Indonesia, masyarakat Sunda juga menggunakan senjata andalan berbagai macam rempah-rempah dalam masakannya. Hanya saja, kalau dibandingkan dengan masakan lain yang memiliki rasa tajam dan bersantan, masakan Sunda ini cenderung memiliki rasa masakan yang lebih light dan sederhana. Sudahkah B’Timers menjajal masakan Sunda lezat di bawah ini?

3 Masakan Sunda Ini Bikin Anda Ketagihan!  | Breaktime
Hmmm, segarnya masakan Sunda satu ini!

Karedok/Keredok

Kalau masyarakat Betawi punya gado-gado, maka masyarakat Sunda punya karedok. Karedok adalah masakan khas Tanah Sunda yang terdiri atas aneka sayuran mentah dan segar, seperti kol, tauge, kacang panjang, mentimun, terong, daun kemangi. Nah, sayuran segar tersebut akan disajikan dengan siraman bumbu kacang yang gurih. Kebayang kan perpaduan cita rasa segar dan renyahnya sayur yang bercampur dengan saus kacang yang gurih. Belum lagi kalau ditambah dengan segenggam kerupuk yang kriuk-kriuk. Hmm!

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Mengolah Daging & Kreasi Masakan Daging

Oh ya, selain jenis karedok di atas, ada juga lho karedok yang salah satu bahan utamanya menggunakan sayur leunca. Leunca, atau ranti adalah jenis sayuran dari suku terung-terungan yang sangat digemari oleh masyarakat Sunda. Dan berbeda dari jenis karedok sebelumnya, karedok leunca ini biasa disajikan dengan sambal ulek. Soal rasa, jangan ditanya deh! Raos pisan!

3 Masakan Sunda Ini Bikin Anda Ketagihan!  | Breaktime
Masakan Sunda ini gurih banget!

Hayam Bakakak

Sudah pernah mendengar jenis hidangan “ayam bakakak”, atau “hayam bakakak”? Sekilas mungkin terdengar seperti orang yang tertawa terbahak-bahak ya? Tapi sebenarnya ayam ini sama sekali tidak terlihat seperti sedang tertawa, apalagi membuat Anda tertawa saat memakannya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kucing dan Kuda Jadi Kuliner Khas Jogja?

Ayam bakakak adalah sajian ayam bakar yang dibumbui dengan rempah-rempah dan dipanggang secara utuh. Biasanya ayam yang digunakan untuk membuat hidangan ini adalah jenis ayam kampung, dan selalu disajikan dengan lalapan sayur segar dan sambal ulek. Lezat!

3 Masakan Sunda Ini Bikin Anda Ketagihan!  | Breaktime
Penasaran rasa masakan Sunda ini?

Sate Maranggi

Hidangan sate memang sudah jadi menu kuliner paling populer se-Indonesia. Buktinya, hampir semua daerah di Indonesia punya resep sate khas wilayahnya masing-masing. Masyarakat Tanah Sunda juga gak ketinggalan, dong. Sate Maranggi adalah sate khas Sunda yang umumnya terbuat dari daging kambing atau daging sapi. Cara penyajiannya pun kurang lebih sama lah dengan sate-sate yang lain, yaitu potongan-potongan daging yang dirangkai dengan menggunakan tusukan bambu. Cuma, ada satu keunikan dari sate ini. Sate Maranggi sama sekali tidak disajikan polos tanpa saus kacang, seperti sate lain pada umumnya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tak Hanya Nikmat, Ini Dia Resep Sayur Asem Sunda

Tapi, sate Maranggi tetap kaya akan rasa, lho. Karena sebelum dibakar, sate ini melalui proses marination yang cukup lama sehingga bumbu-bumbu yang digunakan pun meresap ke dalam daging dengan sempurna. Perpaduan rasa gurih dan masamnya bisa bikin Anda ketagihan, B’Timers.

Kalau ke daerah Jawa Barat, jangan lupa ya untuk menikmati aneka masakan Sunda ini. Dan juga jika Anda akan berkunjung ke kota Bandung, jangan lewatkan wisata kuliner Bandung yang memiliki konsep unik, ya. (dkp) 



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE