Daftar Tempat Penghasil Biji Kopi Terbesar di Dunia! | Breaktime
3 Jawara Penghasil Biji Kopi Terbesar di Dunia!
30.07.2015

Kopi merupakan salah satu minuman terpopuler di dunia selain teh. Aromanya yang khas dan harum serta rasanya yang nikmat membuatnya menjadi primadona. Berbicara tentang kopi, terdapat banyak sekali jenis kopi yang telah diproduksi di dunia, sebut saja Arabika, Robusta, Bourbon, Catturra, Typica, dan juga Catimor. Namun dari semua jenis kopi tersebut, arabika dan robustalah yang bisa dibilang paling terkenal.

Di dunia ini ada lebih dari 60 negara yang tercatat sebagai produsen kopi, dan berdasarkan International Coffee Organization, yang menjadi jawara adalah Brazil dengan pasokan sebanyak 2.949.120 ton pada tahun 2014 yang lalu. Jenis kopi yang diproduksi antara lain adalah Arabika, Bourbon, Caturra, Mundo Novo, dan Typica.

Daftar Tempat Penghasil Biji Kopi Terbesar di Dunia!
Brazil merupakan negara penghasil kopi terbesar di dunia

Menempati urutan ke dua, negara Vietnam menyuplai kebutuhan kopi dunia sebesar 1.650.000 ton. Ada lebih dari 574.314 hektar perkebunan kopi yang berada di Vietnam. Tidak heran, Vietnam mampu menyuplai pasokan kopi kepada negara-negara di sekitarnya seperti Jerman, Amerika, Belgia, Italian, Malaysia, dan Jepang. Kopi dibawa ke Vietnam oleh bangsa Perancis di abad ke-19, jenis kopi yang diproduksi Vietnam adalah robusta.

Daftar Tempat Penghasil Biji Kopi Terbesar di Dunia!
Kopi diseduh dengan cara klasik ala Vietnam

Sedangkan Indonesia menempati urutan ke tiga sebagai produsen kopi terbesar di seluruh dunia. Terkenal dengan nama kopi jawa (java coffee). Tanaman kopi generasi pertama di Indonesia adalah arabika. Kopi masuk ke Indonesia dibawa oleh bangsa belanda di tahun 1669. Hasil produksi kopi sebanyak 700.020 ton pada tahun 2014, Indonesia sangat diperhitungkan sebagai salah satu pemasok kopi terbanyak.

Daftar Tempat Penghasil Biji Kopi Terbesar di Dunia!
Kopi Luwak khas Indonesia

Jenis kopi yang paling banyak diproduksi di Indonesia adalah adalah Robusta dan Arabika, serta kopi Luwak. Kopi satu ini masuk dalam jajaran kopi termahal dunia, yang satu cangkirnya bisa berharga Rp 2 juta.

Nah, kalau Anda sendiri, paling suka kopi dari negara mana, B’timers?

Share This Article