Kumpulan Ide Brilian Olah Daging Sapi | Breaktime
3 Ide Brilian Olah Daging Sapi
19.03.2015

Bagi pemeluk agama Islam, mengonsumsi makanan halal tentu menjadi sebuah kewajiban yang tak bisa ditawar. Nah, di antara beberapa pilihan protein hewani yang halal, daging sapi merupakan bahan yang paling digemari. Rasanya enak, nutrisinya lengkap, dan mudah sekali dikreasikan menjadi berbagai jenis olahan.

Ada beberapa sajian berbahan dasar daging dapi yang jadi favorit Breaktime seperti berikut ini:

Meat loaf

3 Ide Brilian Olah Daging Sapi

Meatloaf merupakan hidangan tradisional Eropa yang dipercaya berasal dari perpaduan budaya masak Jerman dan Belgia. Menurut sejarah, masakan ini sudah ada sejak abad ke-5 dan biasa disajikan untuk kalangan bangsawan.

Untuk membuat meatloaf, daging sapi harus digiling terlebih dahulu. Setelah itu, diberi berbagai macam bumbu dan dicampur dengan telur. Daging kemudian dipadatkan lalu dikukus hingga matang. Sebelum disantap, meatloaf digoreng terlebih dahulu dengan teknik pan seared. Menu satu ini biasanya dihindangkan dengan saus dan potongan sayur rebus seperti kentang, buncis, serta wortel.

Bola daging

3 Ide Brilian Olah Daging Sapi

Hampir sama seperti meatloaf, bola daging dibuat dari ground beef yang dicampur berbagai macam bumbu kemudian dimasak hingga matang. Bedanya, menu satu ini berbentuk bulatan menyerupai bola dan biasa disajikan bersama dengan saus tomat. 
Di Italia, bola daging ini biasa dijadikan pelengkap spaghetti yang kemudian disiram saus dan diberi taburan keju. Kalau suka, Anda juga bisa mencampurkan keju ke dalam adonan bola daging untuk menciptakan rasa yang lebih gurih.

Daging gulung keju

3 Ide Brilian Olah Daging Sapi

Menu satu ini pas sekali dijadikan bekal untuk ke kantor ataupun saat berlibur. Selain kaya akan protein, daging gulung keju juga cocok disantap dengan berbagai side dishes mulai dari nasi, pasta, hingga kentang. 

Cara membuatnya pun cukup mudah. Pipihkan daging dengan beef hammer supaya teksturnya lebih tipis dan mudah digulung. Setelah itu, bentangkan daging dan masukkan potongan keju cheddar ke dalamnya. Gulung hingga rapat, lekatkan bagian pinggirnya dengan putih telur. Setelah itu, lapisi dengan kuning telur dan tepung panir lalu goreng hingga matang.

Yuk, jadikan acara bersantap bersama keluarga makin seru dengan kreasi olahan daging spesial yang dijamin tidak akan bikin B’timers bosan. Selamat makan!

Share This Article