3 Cara Tepat Membakar Jagung Saat Tahun Baru | Breaktime
3 Cara Tepat Membakar Jagung Saat Tahun Baru
31.12.2015

Saat malam tahun baru, beberapa memilih untuk menghabiskan waktu bersama kerabat dekat dengan membakar jagung. Namun, karena tidak terlatih alias amatir, seringkali jagung yang dibakar menjadi kurang matang, terlalu gosong, ataupun rasanya kurang mantap.

Nah, agar kegiatan membakar jagung lebih menyenangkan dan mendapatkan jagung bakar dengan rasa nikmat. Anda bisa memilih salah satu dari cara berikut.

Membakar dengan kulit jagung

3 Cara Tepat Membakar Jagung Saat Tahun Baru | Breaktime
Membakar dengan kulit akan menciptakan rasa jagung bakar mirip jagung kukus

Membakar jagung dengan kulitnya akan memberikan jagung bakar yang lezat dan rapi. Caranya, kupas kulit jagung, bersihkan rambut jagung, kemudian olesi jagung dengan bumbu atau margarin. Selanjutnya, tutupkan kembali kulit jagung dan bakar hingga matang.

Selama proses membakar jagung, jangan lupa untuk sesekali membalik posisi jagung agar jagung masak merata. Untuk mendapatkan kematangan sempurna, Anda membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk membakarnya.

Hasil akhir pembakaran dengan cara ini adalah bagian kulit yang benar-benar gosong, namun jagung yang masih lembab dan lembut seperti dikukus. Terlebih lagi, tidak akan ada rasa hangus meskipun bagian kulitnya menghitam karena jagung benar-benar terlindungi oleh kulit.

Bungkus dengan aluminium foil

3 Cara Tepat Membakar Jagung Saat Tahun Baru | Breaktime
Aluminium foil akan menjaga jagung tetap hangat

Aluminium foil sering dimafaatkan untuk memasak makanan. Kali ini, masak jagung Anda dengan membungkusnya dalam aluminium foil. Untuk melakukannya, kupas dan bersihkan jagung dari rambut jagung. Kemudian olesi dengan margarin atau bumbu lain sebelum Anda membungkusnya dengan aluminium foil. Selanjutnya adalah tugas Anda untuk membakarnya hingga mencapai kematangan sempurna.

Membakar jagung dengan cara ini akan menghasilkan jagung bakar yang lembut dan lembab seperti pembakaran dengan kulit. Selain itu, foil juga akan menjaga jagung tetap panas dalam waktu yang lama. Sehingga Anda tak perlu khawatir jagung akan mendingin jika tak segera dimakan.

Membakar langsung

3 Cara Tepat Membakar Jagung Saat Tahun Baru | Breaktime
Membakar langsung akan menciptakan aroma panggang yang khas

Metode terakhir merupakan metode yang paling sering digunakan oleh pedagang jagung bakar. Anda hanya perlu mengupas kulit dan membersihkan rambut jagung, mengolesi dengan bumbu, kemudian membakarnya pada bara api langsung. Untuk mendapatkan kematangan sempurna dan merata, Anda perlu membakar jagung selama kurang lebih 10 menit dengan sesekali membalik posisi jagung.

Membakar jagung dengan cara ini akan menciptakan jagung dengan sedikit hangus, berwarna kecoklatan, dan menciptakan rasa serta aroma khas makanan panggang. Kelebihan metode ini dibadning kedua metode lainnya adalah aroma panggang khas yang dihasilkan.

Namun, manapun cara yang Anda gunakan untuk mendapatkan jagung bakar lezat, bagian terbaiknya adalah menyantap jagung bakar bersama orang-orang terdekat. (dfr)

Share This Article