10 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh | Breaktime
10 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh
05.11.2016

Setiap bahan-bahan alami yang ada di dapur Anda pasti memiliki manfaat. Salah satunya adalah bawang putih. Manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh ternyata sudah terbukti. Namun, sayangnya bawang putih memiliki aroma yang sangat menyengat. Membuat banyak orang tidak tertarik untuk memakannya secara langsung, melainkan hanya sebagai bumbu.

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa bawang putih memiliki banyak manfaat yang menakjubkan. Nah, B’timers penasaran, kan? Yuk, simak ulasan tentang manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh berikut ini.

Baca juga : MANFAAT DAN GIZI QUINOA YANG AKAN ANDA DAPATKAN!

1. Bawang putih bisa digunakan sebagai obat

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang sejak jaman mesir kuno telah dijadikan sebagai obat. Beberapa hal yang bisa dicegah atau bahkan disembuhkan dengan bawang putih antara lain:

  • menurunkan berat badan
  • melancarkan peredaran darah
  • mencegah hipertensi
  • zat anti kanker
  • antioksidan
  • antibakteri

Zat allicin ini juga yang menimbulkan bau menyengat pada bawang putih.

2. Herbal anti kanker juga, lho!

Kandungan sulfida alil yang terdapat dalam bawang putih inilah yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh manusia. Kandungan PhIP adalah salah satu zat yang dapat memicu kanker payudara. Terbukti bahwa zat sulfida alil dalam bawang putih mampu mneghambat pertumbuhan dan transformasi PhIP.

Namun, harus Anda pahami bahwa bawang putih tidak hanya mencegah kanker payudara, melainkan juga semua jenis kanker, lho B’timers. Wow!

3. Sumber antivirus, antibakteri, dan antioksidan yang ampuh

Manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh selanjutnya adalah sebagai antioksidan. Bawang putih juga dikenal sebagai antivirus dan antibakteri. Hal ini dapat mencegah perkembangan bakteri, jamur, ragi, virus, dan cacing dalam tubuh Anda.

10 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh | Breaktime
Sakit gigi? Atasi dengan bawang putih saja!

4. Menurunkan kolesterol jahat juga bisa

Bawang putih juga sangat menguntungkan untuk penderita kolesterol, karena mampu mengurangi kolesterol jahat yang ada dalam darah. Telah dibuktikan bahwa bawang putih mampu mengurangi kolesterol jahat sebanyak 10 – 15%.

5. Wajah cantik dengan bawang putih

Sama halnya dengan mentimun, bawang putih ternyata juga punya manfaat untuk kecantikan kulit Anda, lho! Beberapa manfaat bawang putih untuk kulit adalah membersihkan komedo, menghilangkan bekas noda, dan sebagai obat jerawat.

Anda bisa menghaluskan bawang putih, lalu oleskan pada bagian-bagian yang memiliki komedo, noda, dan jerawat. Diamkan beberapa saat dan lakukan hal ini secara rutin, B’timers.

6. Mencegah Demensia dan Alzheimer

Kerusakan syaraf atau oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas sangat berperan pada proses penuaan dini. Seperti pada poin sebelumnya bahwa bawang putih mengandung antioksidan tinggi. Kandungan tersebut mampu mengatasi dan melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif, sehingga mampu mencegah Anda dari penyakit Alzheimer dan demensia.

10 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh | Breaktime
Berani konsumsi bawang putih secara langsung?

7. Ingin kurus? Bawang putih solusinya!

Bawang putih juga mengandung zat antiinflamasi yang dapat mengontrol lemak dalam tubuh. Itu berarti bahwa bawang putih sangat cocok untuk Anda yang sedang menjalankan program diet, B’timers.

8. Meredakan sakit gigi

Sakit gigi secara umum disebabkan oleh bakteri yang terdapat dalam mulut. Sifat antivirus dan antibakteri dalam bawang putih sangat ampuh untuk menyembuhkan sakit gigi.

9. Meningkatkan zat besi dalam tubuh

Zat besi adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dan bawang putih mampu meningkatkan produksi protein, sehingga membantu mengontrol zat besi yang beredar dalam tubuh sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga : BENARKAH BAWANG PUTIH BISA ATASI SAKIT GIGI?

10. Menurunkan hipertensi

Manfaat bawang putih untuk tubuh yang terakhir adalah mampu menurunkan tekanan darah tinggi sebanyak 7 – 8%. Bahkan efek dari bawang putih ini juga dapat menurunkan tekanan darah pada orang normal.

Nah, itu dia B’timers 10 manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh. Memang bau dan rasanya yang menyengat membuat kita enggan untuk mengonsumsinya secara langsung. Tetapi, demi kesehatan tubuh, buat olahan bawang putih lebih banyak dari biasanya. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE