10 Makanan Khas Rusia yang Perlu Anda Cicipi | Breaktime
10 Makanan Khas Rusia yang Perlu Anda Cicipi
25.01.2016

Bagi para traveler, hal yang tidak pernah dilewatkan adalah kulinernya, kan, B’timers? Nah, bila Anda berkesempatan untuk jalan-jalan ke Rusia, pastikan untuk tidak melewatkan sejumlah menu yang konon lezatnya benar-benar nomor wahid!

Mulai dari olahan soup, bubur, olahan daging dan ikan, kue seperti pie dan pancake, salad, hingga dessert yang mostly terbuat dari buah, semuanya wajib dicoba. Nah, Breaktime akan secara khusus mengulik informasi lengkap seputar makanan yummy a la Rusia yang tak boleh kelewatan untuk dicicipi:

10 Makanan Khas Rusia yang Perlu Anda Cicipi | Breaktime
Soup ini dapat menghangatkan tubuh saat musim dingin

1.Borsch / Borscht

Soup yang terbuat dari buah bit dan kubis merah merupakan menu yang wajib ada ketika musim dingin. Biasanya disajikan dengan atau tanpa daging, kentang, dan sepotong roti gandum atau roti bawang dengan keju yang meleleh di atasnya, hidangan ini bisa menghangatkan tubuh Anda.

2.Pancake Rusia

Blini adalah crepe Rusia yang terbuat dari gandum untuk memberi rasa gurih. Disajikan dengan salmon asap, jamur krim, krim asam, selai dan susu kental. Anda juga bisa memesan topping lain untuk hidangan ini, misalnya dengan sesendok salmon merah atau black sturgeon caviar.

3.Salad Rusia

Mungkin Anda sudah sering menikmati macam-macam salad, tapi salad Rusia ini rasanya lebih segar dan krispi. Isiannya biasanya terdiri atas mentimun segar atau acar khas Rusia, kentang yang dipotong dadu, kacang polong, telur dan mayones atau krim asam.

10 Makanan Khas Rusia yang Perlu Anda Cicipi | Breaktime
Smoked salmon dihidangkan dalam salad

4.Smoked salmon atau salted herring

Ikan asap dan asinan merupakan makanan khas Rusia yang sudah dikenal secara luas. Anda bisa mendapatkan salmon asap sebagai pendamping dari pancake, sementara herring asin disajikan bersama salad. Disiapkan langsung oleh ahlinya, olahan ikan ini memiliki tekstur yang halus dan rasanya segar.

5.Shashlik /Shashlyik

Jika sajian ikan setengah matang bukan selera Anda, jangan khawatir, B’timers, Rusia juga memiliki hidangan lezat dari daging atau ikan panggang. Seperti kebab, makanan ini disajikan dengan roti tanpa ragi, acar Rusia, dan saus tomat.

10 Makanan Khas Rusia yang Perlu Anda Cicipi | Breaktime
Pangsit Rusia bisa dinikmati dengan atau tanpa kuah

6.Pangsit Rusia

Yang berbeda sari pangsit Rusia adalah bumbu tradisional yang ditambahkan ke adonan daging domba, babi atau sapi. Anda juga bisa menemukan ikan salmon atau jamur sebagai isian pangsit tersebut. Biasanya pangsit ini dimakan begitu saja, atau disajikan bersama kaldu.

7.Mini-pie

Pie mini Rusia atau disebut pirozhki yang merupakan menu pembuka di banyak restoran Rusia ini menggunakan bahan isian yang sama seperti pangsit. Namun selain daging atau salmon, ada pilihan isian dari kubis, kentang, telur, keju, bahkan isian manis.

10 Makanan Khas Rusia yang Perlu Anda Cicipi | Breaktime
Cake khas Rusia dengan tekstur lembut

8.Honeycake

Makanan manis ini terdiri dari 5 hingga 15 lapisan tipis spongecake madu yang diberi krim manis atau asam. Biasanya diberi taburan kacang atau spons yang dihancurkan, dan dibiarkan semalaman. Rasanya lembut dan manis.

9.Stroganoff

Hidangan ini merupakan tumisan potongan daging yang diolah bersama saus Smetana (saus asam). Stroganoff sudah menjadi makanan yang populer di seluruh dunia. Tapi yang dari Rusia ini lebih lezat, halus, dan berkrim. Rahasianya adalah krim asam Rusia.

10.Mushroom julienne

Rasanya hampir mirip dengan stronagoff, tapi tanpa daging. Hidangan jamur krim ini dibuat dengan irisan jamur, keju, dan krim asam. Biasanya disajikan sebagai menu pembuka.

So, itulah tadi makanan khas Rusia yang wajib Anda cicipi ketika berkunjung ke Negeri Beruang putih, B’timers. (NO)

Share This Article